30 Peserta Ikuti Pelatihan Dasar Jurnalistik IWO Asahan-Batu Bara

oleh -409 views

ASAHAN — Ikatan Wartawan Online (IWO) Asahan – Batubara menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan pelatihan dasar jurnalistik, bertempat di Aula Water Boom Ragil, Tanjung Alam, Kisaran, Selasa (28/01/2020).

Acara tersebut dihadiri Bupati Asahan H.Surya, B.Sc, Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu, Ketua DPRD Asahan Baharuddin Harahap, Ketua PWI Asahan Indra siKoembang, Ketua IJTI Astara Ulil Amri, dan rekan rekan jurnalis yang tergabung dari berbagai organisasi jurnalis, tokoh pemuda serta undangan lainnya.

Dalam sambutan Ketua IWO Asahan – Batubara, Syafruddin Yusuf menyampaikan, bahwa kegiatan rakerda dan pelatihan ini bertujuan agar menjadikan wartawan lebih baik dalam menyajikan berita yang aktual dan terpercaya ditengah masyarakat.

“Saya berharap kegiatan ini bisa menjadikan wartawan lebih baik dalam menyajikan berita yang aktual dan terpercaya ditengah masyarakat”, ujar Syaf sapaan akrab.

Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu dalam sambutanya mengatakan, bahwa kerja jurnalis sama dengan kerja polisi, karena ada juga investigasinya, sebab harus sesuai data diluar untuk menjadi laporan atau pemberitaan.

“Sama sama kerja jurnalis dan kepolisian, artinya sudah menyerupai persamaannya”, ujar Kapolres.

Selanjutnya Ketua DPRD Asahan mengatakan, ini sangat bermanfaat bagi kalangan eksekutif, legeslagif, yudikatif dan masyarakat untuk melaksanakan tugas yang lebih baik. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan jurnalis profesional dan dapat menjauhkan berita – berita hoax.

“Manusia hidup harus butuh perubahan, dan tanamkan dari diri kita sendiri. Karena perjuangan dan pengorbanan harus tulus dan ikhlas agar menjadi jurnalis yang profesional”, ujar Baharuddin Harahap.

(Bupati, Ketua DPRD, Kapolres, PWI dan IJTI Asahan hadiri rakerda IWO Asahan-Batu Bara)

Sementara Bupati Asahan H.Surya, B.Sc saat membuka rakerda dan pelatihan jurnalis IWO Asahan – Batubara mengatakan, bahwa pers adalah lembaga sosial bagi masyarakat dan kalangan.

“Saya sangat mendukung kegiatan rakerda dan pelatihan jurnalis tersebut ini. Mari kita sama sama membangun Asahan yang religius ini untuk lebih dari maju kedepanya”, ujar H.Surya.

Ketua PWI Asahan Indra menyampaikan, dengan kehadiran IWO mampu menghadirkan wartawan wartawan yang profesional di era masa depan yang penuh tantangan.

“Saya harapkan hadirnya IWO dapat menjadikan wartawan di Asahan menjadi profesional”, ungkap Indra siKoembang.

Hasil rakerda IWO Kab.Asahan – Batu Bara diantaranya akan memberikan kartu keanggotaan dan asuransi kecelakaan bagi pengurus, menggelar pertemuan rutin antar pengurus serta akan melaksanakan kerjasama kemitraan sektor jasa periklanan ke pihak-pihak swasta.

Sementara itu, sedikitnya 30 peserta mahasiswa dari berbagai kampus se-Kab.Asahan antusias mengikuti pelatihan dasar jurnalistik yang digelar sehari oleh IWO Asahan-Batu Bara.(AS2)