44 TKI Ilegal Datang dari Malaysia Ditangkap Tim Gabungan

oleh -683 views

Tanjung Balai — Tim gabungan dari Sat Pol Air bersama Sat Res Narkoba Kepolisian Resort (Polres) Tanjung Balai berhasil menangkap sedikitnya 44 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal di perairan laut Asahan. Kamis (13/2) sekira pukul 11.15 Wib.

Dikatakan oleh Kapolres Tanjung Balai, AKBP Putu Yudha Prawira bahwa Pada saat di posisi N 2 ° 59’28.0104 E 99 ° 49’55.65, tim melihat dan menemukan 1 (satu) unit Kapal penumpang tanpa nama, bermesin mitsubishi 4 Cylinder yang di Nahkodai oleh Didut, Warga Jalan Sial, Gang Pokat, Kecamatan Pematang Siantar Utara, Kota Pematang Siantar.

“Kapal yang ditemukan kemudian diboyong ke dermaga Sat Polair Tanjung Balai. Setelah kapal tersebut disandarkan, kapal diamankan bersama penumpang dan Anak Buah Kapal (ABK) yang ada didalamnya,”ujar Kapolres Tanjung Balai

Kemudian, Kapolres Tanjung Balai menyampaikan bahwa sedikitnya 4 orang ABK diperiksa dan penumpang sejumlah 44 orang yang terdiri dari 33 orang laki-laki dan 11 orang perempuan.

“Setelah dilakukan pemeriksaan kapal dan muatan kapal serta penumpangnya, tidak ditemukan membawa barang-barang illegal, dari hasil pemeriksaan dokumen, bahwa 44 orang penumpang kapal tersebut adalah TKI illegal terdiri dari, 33 orang laki-laki dewasa dan 11 orang perempuan dewasa tanpa dilengkapi dengan dokumen yang sah,”ujarnya

Selanjutnya, Yudha menambahkan bahwa penumpang tersebut datang dari luar negeri (Malaysia) menumpang kapal tanpa nama.

“Saat ini para TKI ilegal tersebut masih proses pengambilan keterangan oleh Sat Reskrim Polres Tanjung Balai,”tambahnya.