Air Laut Surut, Begini Penampakan Bangkai Paus Biru yang Terdampar di Perairan Asahan

oleh -6.015 views

ASAHAN — Air laut surut, terlihat penampakan utuh bangkai ikan paus biru yang mulai membusuk di wilayah dekat perairan Asahan beberapa ratus meter dari daerah hutan bakau Desa Silau Baru, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan.

Mamalia air purba raksasa diperkirakan berusia ratusan tahun, panjang 14 meter dan berat diprediksi mencapai 20 ton ini dikhawatirkan akan menyebarkan virus diseputar kawasan bangkainya. Sebab, daerah paus tersebut mati merupakan jalur nelayan setempat mencari hasil laut.

“Sudah mulai membusuk kondisinya,” kata Bupati Asahan H Surya saat melihat langsung kondisi paus didampingi walikota Tanjungbalai H.M Syahrial, Dandim 0208 Asahan, Letkol Inf Sri M Beruh, dan Kapolres AKBP Faisal F Napitupulu, Selasa (14/1/2020) siang.

Surya juga mengatakan memuseumkannya merupakan cara yang tepat.

“Kita sudah hubungi tim museum. Mereka sedang jalan ke sini untuk observasi. Kita harapkan paus ini kedepan bisa menjadi media edukasi di koleksi museum,” kata Surya melanjutkan.

Sebelumnya, Kepala Desa Silo Baru Ahmad Sofyan melaporkan Rabu (8/1/2020) sore lalu, ikan Paus raksasa nyaris terdampar di pantai Silo Baru sebelum akhirnya berhasil dihalau nelayan kembali ke tengah laut. Namun kembali lagi pada Jumat (10/1) tapi 5 mil ke arah selatan dari desa Silo Baru.(MB)