Aksi Demo Ricuh, Polres Batu Bara Menangkap Provokator

oleh -723 views

Asahan Satu || Aksi unjuk rasa ratusan Aliansi Peduli Petani Batu Bara (APPARA) nekad melakukan aksi di Mapolres Batu Bara dengan bakar ban bekas, pengunjuk rasa melakukan pelemparan terhadap Polisi anti huru – harapan yang telah siap menyambut para aksi demo.

Petugas Kepolisian Satuan Shabara Polres Batu Bara dipimpin oleh Kasat Shabara AKP DP Sinaga berhasil mengamankan provokator kericuhan dan memadamkan api, serta membubarkan ratusan pengunjukrasa.

Demikian Simulasi untuk mengantisipasi keadaan darurat pada aksi unjukrasa (Unras), Polres Batu Bara menggelar simulasi pengamanan, Selasa ( 27/10/20), di Mako Polres Batu Bara.

Simulasi dipimpin Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis SH.MH diikuti personil sejajaran Polres.
Pihak Polres Batu Bara akan terus meningkatkan kesiagaan dengan melakukan pelatihan Dalmas guna menyeimbangan Kantibmas di wilayah Polres Batu Bara.

Disebutkan Kapolres, ada 5 kategori disiplin yang masuk dalam simulasi Dalmas antara lain pemeriksaan tim suiping, arahan oleh satuan Babhinkamtibmas, pormasi tangan berkait Dalmas awal, Dalmas penanganan huru-hara dan bantuan penyelamatan oleh tim medis.

Dalam simulasi diperlihatkan aksi unjuk rasa anarkis saat di kantor DPRD Kabupaten Batu Bara oleh para mahasiswa, dan diperankan oleh para personil Polres Batu Bara.

Menurut Kapolres, simulasi Ton Dalmas bertujuan untuk melatih satuan Polres dalam mengantisipasi tindakan anarkis yang dilakukan oleh para pendemo, jelasnya.

Lanjut Kapolres, simulasi pengamanan dilakukan, dari awal kedatangan pengunjukrasa, di beri arahan untuk tidak melakukan hal yang tidak diinginkan, sampai dengan penanganan dari Urkes apabila ada yang terluka, “Polres Batu Bara menghimbau kedepan tidak ada lagi aksi demo anarkis,” Pungkas AKBP Ikhwan. (Plk)