Balon Walikota Yus-Hendra Serahkan Syarat Dukungan ke KPU Tanjungbalai

oleh -725 views

Tanjungbalai — Pasangan bakal calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota dari jalur perseorangan, Yuslin Hasibuan-Hendra Dalimunte (Yus-Hendra) menyerahkan syarat dukungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungbalai, Jalan Jenderal Sudirman, Sabtu (22/2/2020).

Yus-Hendra menyerahkan syarat dukungan sebanyak 16.277 dan merupakan pasangan jalur perseorangan yang kedua hari ini setelah Prof H Dharma Bakti-H Sulben Siagian dengan jumlah syarat dukungan sebanyak 12.993 pada hari Kamis (20/2).

Ketua KPU Kota Tanjungbalai, Luhut Parlinggoman Siahaan menjelaskan jumlah minimum dukungan bakal pasangan calon perseorangan sebesar 11.392 dukungan dan minimum tersebar pada empat Kecamatan di Kota Tanjungbalai.

Luhut melanjutkan hal itu sesuatu dengan keputusan KPU Kota Tanjungbalai nomor 112/PL.02.2-Kpt/1274/KPU-Kot/X/2019 tentang penetapan syarat jumlah dan persebaran dukungan bagi pasangan calon perseorangan peserta pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tanjungbalai tahun 2020.

Penyerahan syarat dukungan jalur perseorangan Pilkada Serentak 2020  berlangsung sejak tanggal 19 Februari 2020 dan berakhir pada tanggal 23 Februari 2020 itu nantinya akan diverifikasi Faktual oleh petugas KPU Tanjungbalai, jelasnya.

“Setelah penyerahan ini, kami akan lakukan proses penelitian untuk meneliti kesesuaian dengan Silon dan formulir  B.2 KWK dan akan kita sinkronkan dengan formulir B.1 KWK”, tegasnya.

Komisioner KPU Kota Tanjungbalai, Divisi Tehnis Penyelenggara, Muhammad Guntur menjelaskan pasca verifikasi kesesuaian syarat dukungan berupa formulir dan KTP tersebut, tahapan selanjutnya verifikasi administrasi.

KPU selanjutnya akan turun ke lapangan untuk verifikasi faktual. Pada tahapan itu, KPU akan memastikan apakah syarat dukungan tersebut tidak ada yang ganda, lanjutnya.

“Kevalidan itu akan kita cek semuanya harus sesuai dengan di mana dia mendukung. Kalau ada PNS, TNI, dan polisi, kita akan verifikasi kembali, kalau masih aktif kita akan gugurkan,” ujarnya.

Bakal calon Walikota Tanjungbalai, Yuslin Hasibuan mengatakan pihaknya telah menyerahkan 16.277 syarat dukungan yang sudah dikumpulkan oleh timnya yang cukup solid dan bekerja keras tanpa pamrih.

Yuslin menjelaskan pihaknya telah menyerahkan 16 ribu lebih syarat dukungan ke KPU Kota Tanjungbalai, jika ada ketidaksesuaian syarat dukungan yang diserahkan maka stok dukungan masih ada 5 ribu lebih lagi.

“Kita sudah siapkan tim untuk mengawal mudah-mudahan prosesnya bisa lancar. Untuk tim yang akan stand by lima orang dan sudah disiapkan bila ada yang sakit, Cadangannya sekitar 5 ribuan,” akhirinya.(PK)