Bangunan Cafe River View Kisaran Langgar Aturan DAS, Massa LKLH Geruduk Kantor Camat Kistim

oleh -7.300 views

ASAHAN – Massa dari Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup (LKLH) Asahan geruduk Kantor Camat Kisaran Timur, Selasa (2/4).

Kedatangan para mahasiswa ini untuk melakukan protes terhadap bangunan River View Cafe dan Resto dekat Daerah Aliran Sungai (DAS) Asahan di Kelurahan Teladan Kec.Kisaran Timur.

Dalam aksinya, mereka meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan, khususnya Kecamatan Kisaran Timur untuk membongkar bangunan River View dan Resto.

“Bangunan itu sudah melanggar aturan PP nomor 38 tahun 2011 dan diperkuat lagi dengan permen PUPR nomor 28/PRT/M/2015, tentang penetapan garis spadan sungai,” tegas ketua koordinator lapangan (korlap) aksi, Adi Chandra Pranata didampingi Sholahuddin Marpaung.

Dirinya juga menyampaikan, masyarakat Asahan sangat khawatir akan kinerja Pemkab Asahan yang terkesan tutup mata dan tidak perduli akan adanya para mafia yang berkedok pengusaha yang merusak ekosistem sungai dengan pemanfaatan daerah aliran sungai secara sembarangan tanpa memperhatikan kerusakan alam.

“Pemkab Asahan melalui Satpol PP harus membongkar bangunan itu karena bisa merusak ekosistem sungai. Kita juga harus memkirkan massa depan anak cucu kita dimana mereka tidak bisa menikmati aliran sungai karena limbah dari bangunan River View Resto,” ujarnya.

Mereka juga menyampaikan temuan, terdapat salah satu rumah makan disinyialir melanggar aturan yang berlaku, rumah makan tersebut berada dijalan Imambonjol di dekat DAS. Bahwasanya sempadan sungai hanya dapat dimanfaatkan secara terbatas untuk bangunan prasarana sumber daya air minum, rentangan kabel listrik, telekomunikasi dan dermaga.

“Kami lihat dilapangan ada bangunan yang melanggar aturan Pemerintah,” ujarnya.

Setelah menyampaikan aspirasi selama 30 menit, akhirnya pihak dari Kecamatan Kisaran Timur melalui Mican Sirait, selaku Lurah Teladan didampingi Lurah Gambir Baru,Muklis.

Kedua Lurah tersebut meminta waktu kepada massa LKLH untuk menyelesaikan masalah ini. “Hari ini kami beserta Camat Kisaran Timur sedang melakukan rapat dengan pengusaha River View Resto,” ungkapnya.

Lanjut Lurah tersebut menjelaskan, setelah rapat nanti selesai kami akan menyampaikan hasilnya kepada massa LKLH.

“Apa pun hasilnya nanti kami kabari, yang jelas hasilnya terbaik buat masyarakat Asahan,” ujarnya. Setelah mendengar pernyataan dari kedua Lurah tersebut akhirnya.(**)