Bawaslu Tanjungbalai Gelar Apel Siaga dan Deklarasi Pemilu Damai 2024

oleh

Asahansatu || Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Tanjungbalai menggelar apel siaga pengawasan tahapan kampanye dan deklarasi pemilu damai tahun 2024 dalam rangka memastikan kesiapan seluruh jajaran pengawas di tingkat Kecamatan dan Kelurahan pada hari kamis pukul 09.00 wib.

Apel siaga pengawasan dan deklarasi kampanye damai tersebut dipimpin oleh Ketua Bawaslu Tanjungbalai Dedy Hendrawan, SH., MH di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah (Lapangan Pasir), Jl. Pahlawan Kota Tanjungbalai, Kamis (07/12/2023).

Ketua Bawaslu Kota Tanjungbalai melalui Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Parmas dan Humas Nazmi Hidayat S kepada wartawan mengatakan bahwa giat apel siaga tersebut sebagai bentuk kesiapan Bawaslu Kota Tanjungbalai dalam melaksanakan pengawasan dan pencegahan pada masa tahapan kampanye 28 november 2023 hingga 10 februari 2024 mendatang.

“Selain memastikan seluruh jajaran di tingkat Kecamatan hingga Kelurahan, apel siaga pengawasan tahapan kampanye ini juga sebagai bentuk kesiapan seluruh jajaran Bawaslu Tanjungbalai dalam melaksanakan tugas pengawasan upaya mewujudkan keadilan pemilu pada pemilihan umum serentak 2024 mendatang,” kata Nazmi.

Ia juga menjelaskan, bahwa seluruh peserta pemilu yang akan mengikuti perhelatan akbar pesta demokrasi tersebut merupakan para negarawan yang memiliki beragam potensi untuk mewujudkan pembangunan daerah dan negara.

“Pada masa tahapan kampanye ini, mari kita berikan ruang bagi para negarawan yang ikut dalam perhelatan pesta demokrasi pemilu 2024 untuk berkampanye seluasnya mencari dukungan sebanyak – banyaknya tetapi dengan tetap mematuhi seluruh regulasi yang ada sesuai perundangan yang berlaku sebab kami yakin dan percaya para negarawan yang ikut dalam pemilu ini adalah orang-orang yang paham terhadap perundangan dan regulasi,” tegas Bung naz sapaan akrab Nazmi.

Amatan di lapangan, usai penandatanganan deklarasi pemilu damai oleh pimpinan atau LO partai politik peserta pemilu, kegiatan apel siaga tersebut juga dibalut dengan pelepasan balon di udara sebagai wujud kebersamaan dalam menjaga situasi kamtibmas pada perhelatan akbar pesta demokrasi pemilu serentak tahun 2024 serta pemberian piagam penghargaan bagi pemenang vidio simulasi Penyelesaian Sengketa Antar Peserta Pemilu (PSAP) tingkat Panwas Kecamatan se-Kota Tanjungbalai dan pawai pengawasan.

Tampak hadir unsur Forkopimda Kota Tanjungbalai, Ketua KPU Tanjungbalai, Forum Komunikasi Umat Beragama, Satpol PP, Kesbangpol, Kemenag, Mahasiswa Perguruan Tinggi Kota Tanjungbalai, Ketua PWI Kota Tanjungbalai serta Kader Pengawasan Partisipatif (P2P) dan jajaran Panwaslu Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Tanjungbalai.(HNS)