Bersama Warga Siumbut Umbut, GM Pekat-IB Gotong royong Bersihkan Parit Penyebab Banjir

oleh -1.159 views

ASAHAN — Tak ingin banjir menggenangi rumah penduduk terulang kembali, bersama warga di Kelurahan Siumbut-umbut Kisaran Kab.Asahan, Generasi Muda Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (GM PEKAT-IB) Kecamatan Kisaran Timur gotong royong membersihkan parit yang sudah lama tertimbun sampah, Minggu (22/12) pagi.

Kegiatan gotong royong itu juga sebagai ajang silaturrahmi organisasi memupuk persaudaraan dengan warga sekitar sehingga keberadaan GM Pekat-IB benar-benar diketahui masyarakat dan dirasakan pengabdiannya.

“Gotong royong ini hasil musyawarah kami dengan warga. Kami menerima keluhan bahwa jika intensitas hujan tinggi, daerah Siumbut-umbut akan banjir, rumah warga tergenang, surutnya lama. Setelah kami telusuri kami duga saluran tali air yang berdampingan dengan komplek perumahan Duta Mas VII ini penyebabnya. Karena tingginya timbunan sampah dan keberadaan patahan pohon sawit, sehingga aliran air tersumbat”, ungkap Ketua PK GM Pekat-IB Kisaran Timur Ihsan Azizy Harahap didampingi sekretarisnya Agus.

Masih dikatakan Ihsan, walaupun peralatan dan tenaga terbatas, gotong royong itu akan rutin dilaksanakan GM Pekat-IB bersama warga korban genangan air.

“Tiap-tiap bulan akan rutin kita gelar, agar upaya penanggulangan banjir di kelurahan Siumbut-umbut bisa efektif dirasakan, hal ini juga sebagai bentuk pengabdian GM Pekat-IB kepada masyarakat Asahan, kami berharap agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan dan pemilik kebun sawit tidak lagi membuang pelepah atau patahan pohon sawitnya ke parit”, akhir Ihsan Harahap.

Salah seorang warga, Pak Poniran juga mengapresiasi kegiatan gotong royong GM Pekat-IB bersama warga sekitar. “Masih ada anak-anak muda di Kisaran ini yang masih peduli kondisi lingkungan, salut saya”, aku Poniran kepada wartawan.(AS4)