Bimtek Kepala Desa ke Bandung, Kadis PMD Asahan:”Persiapan Desa Ikuti Lomba Tingkat Nasional”

oleh

Asahansatu || Kepala Dinas Pemberdaya Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Asahan Suherman Siregar SSTP MM, Rabu (10/05/2023) melalui Kabid PMD Aris membenarkan rencana Bimtek kepala desa se Kabupaten Asahan yang akan di laksanakan tanggal 18 Mei 2023 di Bandung, Jawa Barat.

Kepada wartawan, Rabu (7/5/2023). Aris menyampaikan pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Asahan melaksanakan monitoring dan evaluasi perkembangan desa.

Hal tersebut untuk mengikut sertakan desa desa di Kabupaten Asahan lomba desa tingkat Nasional pada tahun 2023.

“Bimtek keluar daerah perlu di laksanakan dalam rangka persiapan desa-desa di Kabupaten Asahan mengikuti lomba desa tingkat Nasional. Untuk itu Bimtek keluar daerah di jadikan bahan perbandingan dan percontohan untuk di tiru dan di terapkan di desa di Kabupaten Asahan agar dapat bersaing di tingkat regional dan nasional,”terangnya.

Selain itu Bimtek kepala desa ke luar daerah merupakan mementum para kepala desa yang baru terpilih menjadi kepala desa pada tahun 2022 yang lalu bisa menjadi pembelajaran bagi mereka dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan ke depan.

Selanjutnya dikatakannya, peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa telah diatur dalam peraturan menteri dalam negeri nomor 20 tahun 2018 tentang pedoman pengelolaan keuangan desa, dalam peraturan tersebut kepala desa dan perangkat desa untuk mendukung pelaksanaan tugasnya diberikan berupa peningkatan kapasitas bagi aparatur pemerintahan desa.

Terkait biaya pelaksanaan bimtek sebesar Rp15 juta merupakan estimasi yang sudah di tetapkan Dalam APBDes (Anggaran pendapatan Belanja Desa) yang sudah di setujui melalui rapat desa. “Jadi kos Rp15 juta itu maksimal kalau ada lebih akan di Silpa kan sesuai dengan SPJ,”ungkap Kabid PMD Aris.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.