BUMDesa di Asahan Sudah Hasilkan PADes Ratusan Juta

oleh
oleh

Kisaran –¬†Sebanyak 102 Badan Usaha Milik Desa dari 177 desa di Kabupaten Asahan, saat ini telah mampu memberi sumbangan Pendapatan Asli Desa (PADes) sebesar Rp 321 juta lebih.

Hal ini dikemukakan oleh Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Asahan Paijan SH melalui Kepala Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat Muad Fauzi Lubis, Rabu (6/9).

Dikatakan Muad, capaian PADes yang di hasilkan oleh BUMDes tersebut untuk mewujudkan Desa Mandiri sesuai visi Pemerintah Kabupaten Asahan yang Religius,Sehat,Cerdas dan Mandiri.

“Hasil PADes tersebut di dapat dari kegiatan BUMDes yang bersumber dari pengelolaan pembuatan pupuk kompos, pembuatan Virgin Coconut Oil, pembuatan konveksi pakaian, pengelolaan simpan pinjam, ketrampilan tangan, jasa pembayaran online, pengembangan peternakan, tambak budidaya perikanan, pengelolaan restribusi pasar dan lainnya,”ujarnya.

Menurutnya, BUMDes adalah pilar kesejahteraan bangsa, karena BUMDes tidak lain adalah usaha yang didirikan atas dasar komitmen bersama masyarakat bawah, masyarakat akar rumput, yaitu masyarakat desa, untuk saling bekerja sama, bergotong royong, dan menggalang kekuatan ekonomi rakyat demi mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat desa.

“Dari hasil saya datang ke desa-desa yang memiliki BUMDes, masyarakat mengakui sudah merasakan sendiri manfaat BUMDes bagi peningkatan kas desa dan kesejahteraan warganya,”pungkasnya. (Mata)