Bupati Asahan Ajak Anak Cuci Tangan Pakai Sabun

oleh -462 views

Kisaran – Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP melakukan kunjungan kerja (Kunker) di tiga kecamatan yang di pusatkan di Kecamatan Buntu Pane. Ratusan masyarakat dan siswa SD di daerah itu menyambut kedatangan Bupati, Senin (17/10/2016)

Kunjungan tersebut bukan tanpa alasan. Bupati Asahan menghadiri pencanangan pelaksanaan cuci tangan pakai sabun se dunia tahun 2016.

Pemkab Asahan mengapresiasi pelaksanaan cuci tangan pakai sabun sedunia yang diselenggarakan Tim Penggerak PKK Asahan. Kegiatan tersebut sebagai wujud nyata dalam memberi contoh sekaligus memperjuangkan pentingnya perilaku cuci tangan pakai sabun yang perlu dibiasakan sejak usia dini.

“mencuci tangan merupakan salah satu pondasi perilaku hidup sehat yang diharapkan dapat menyelamatkan hidup anak-anak kita agar terhindar dari berbagai penyakit menular termasuk penyebaran virus dan bakteri,”kata Bupati Taufan Gama.

Bupati yang didampingi Ketua TP PKK Asahan Hj Winda Fitrika Taufan Gama dan Wabup Asahan menjelaskan menjaga kebersihan juga sebagian dari iman, sehingga diharapkan kedapan anak-anak bisa menjadi generasi penerus bagi para pemimpin bangsa. Bupati Taufan Gama juga berpesan kepada bapak ibu guru untuk selalu mendidik dan membimbing agar anak-anak Asahan menjadi anak-anak yang sehat dan cerdas serta berahlak baik.

Bupati Taufan juga mengharapkan, kedepan perayaan ini dilakukan diseluruh sekolah dasar di Kabupaten Asahan, sehingga mencuci tangan memakai sabun menjadi budaya.

Pada bagian lain, Bupati Taufan mengemukakan, tujuan pembangunan kesehatan tidak akan dapat tercapai dari sektor kesehatan saja, namun dibutuhkan juga peranan seluruh stakeholder, baik lintas sektoral, ormas, para akademisi serta mitra-mitra pemerintah.

Perayaan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia ini ditandai dengan simulasi cuci tangan yang dilakukan oleh puluhan siswa sekolah dasar di Kecamatan Setia Janji. Selain itu, sebelumnya juga dilakukan pembacaan Janji Hidup Sehat oleh para dokter kecil yang isinya merupakan janji untuk berprilaku sehat dengan menjadikan cuci tangan pakai sabun sebagai kebiasaan.

Sementara itu Ketua TP PKK Asahan yang juga Bunda Paud Asahan, Hj Winda Fitrika Taufan Gama dijumpai usai acara mengatakan, kegiatan ini merupakan kampaye global, untuk menggalakkan CTPS, agar terhindar dari penyakit.

“CTPS ini sering diabaikan, sebenarnya merupakan prilaku sederhana,”ujarnya sembari berharap ada upaya signifikan tiap tahunnya yang berkesinambungan terhadap kebiasaan CTPS.

Kegiatan CTPS dilakukan serentak di masing-masing Kecamatan. Kegiatan CTPS salah satu langkah untuk menurunkan angka kematian bagi anak-anak. Selain itu sebagai upaya peningkatan pembangunan fasilitas sanitasi disekolah. (Her)

No More Posts Available.

No more pages to load.