Bupati Zahir Himbau Dinas Terkait Sosialisasikan Bahaya Virus Corona

oleh -470 views

Batu Bara – Kabupaten Batu Bara memiliki garis pantai yang cukup panjang, tidak menutup kemungkinan adanya penyelundup dari luar negri masuk ke Batu Bara melalui jalur – jalur tikus, yang cukup banyak di garis pantai Batu Bara, masyarakat Batu Bara harus waspada apabila ada pendatang dari luar negri.

Demikian sambutan Kepala Dinas Kesehatan Batu Bara, drg Wahid Khusyairi, mengunjungi puskesmas Kedai Sianam Desa Guntung, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kabupaten Batu Bara, Selasa, (4/2/2020).

Dalam kunjungan itu, drg Wahid Khusyairi memberi pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya virus corona. Tak hanya itu, masyarakat juga diminta untuk waspada dan mengenali gejala-gejala virus tersebut.

“Hari ini kita memang mensosialisasikan dan mensiagakan masyarakat untuk waspada terhadap virus corona, yang dilakukan hari ini adalah himbauan Bupati Batu Bara, jelas Kadis Kesehatan.

“Kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk dapat berprilaku hidup bersih dan sehat. Konsumsi makanan sehat. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan,” ujarnya.

(Ads)

Dalam kesempatan itu, Kepala Puskesmas Kedai Sianam, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, dr Guruh Wahyu Nugraha, menjelaskan kepada masyarakat mengenai gejala klinis virus corona. Mulai dari gejala demam, batuk, pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan serta letih dan lesu.

Ia juga menjelaskan kepada masyarakat mengenai pencegahan penyebaran virus tersebut. Pertama, sering cuci tangan pakai sabun. Selanjutnya, gunakan masker bila batuk atau pilek. Konsumsi gizi seimbang, perbanyak makan sayur dan buah. Hati-hati apa bila kontak dengan hewan. Rajin olahraga dan istirahan cukup. Jangan mengkonsumsi daging yang tidak dimasak, serta bila batuk, pilek dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan, terang Dr Wahyu yang juga aktif sebagai Relawan KSJ Batu Bara.

Dinas Kesehatan bersama personil Puskesmas dipimpin langsung oleh Ka Puskesmas Kedai Sianam, membagikan masker secara gratis dan brosur kepada masyarakat yang melintas di depan Puskesmas.

Salah seorang warga, Mardiana mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemkab Batu Bara melalui Dinas Kesehatan yang telah memberikan masker secara gratis, dan brosur untuk antisipasi penyebaran Virus Corona, ungkap Mardiana.

Turut serta dalam kegiatan tersebut, Kadis Kesehatan Batu Bara, Drg, Wahid Kusyairy, Kapuskesmas Kedai Sianam, Dr Guruh Wahyu Nugraha, Kades Guntung, Mukis, perangkat Desa, pegawai Puskesmas, dan warga Desa Guntung. (AS2/Plk)