Dampak Pandemi Covid19, Bea Cukai Teluk Nibung Dukung Pemulihan Ekonomi

oleh -122 views

Asahansatu II Berbagai upaya terus dilakukan guna untuk memulihkan perekonomian ditengah tengah Masyarakat, setelah adanya Virus Covid-19 yang melanda Negara Indonesia yang Kita cintai ini, bahkan dampak nya sempat mengoyangkan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di lingkungan Tanjungbalai Asahan dan Sekitarnya.

Menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo agar peningkatan kinerja dibidang Ekspor harus lebih di utamakan, mengingat hal ini adalah salah satu upaya dalam hal pemulihan ekonomi.

Oleh sebab itu Bea Cukai Teluk Nibung sebagai salah satu ujung tombak pelaksanaan tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) di daerah pesisir timur sumatera utara, terus berupaya untuk meningkatkan kinerja ekspor dan melanjutkan tranformasi Pelabuhan Teluk Nibung, dari sebelumnya yang dikenal sebagai pintu masuk barang barang impor, akan dijadikan sebagai pelabuhan ekspor, Hal ini dikatakan Kepala Bea Cukai Teluk Nibung Tanjungbalai Asahan, I Wayan Sapta Dharma di hadapan sejumlah wartawan dari berbagai media, di kantor Bea Cukai Teluk Nibung Kota Tanjungbalai Kamis (22/4/2021).

Dikatakannya berdasarkan data jumlah Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) selama 5 Tahun terakhir terdapat kenaikan yang sangat signifikan dari 621 dokumen pada tahun 2015 menjadi 4524 dokumen di 2020 artinya terdapat lonjakan sekitar 628 %, sedangkan untuk tonase ekspor juga terdapat peningkatan dari 15.950 ton pada tahun 2015, menjadi 26.060 ton pada akhir 2020.

Devisa hasil ekspor juga menunjukkan tren peningkatan yang positif dari 11.444 (ribu USD) pada tahun 2015 menjadi 15.358 (ribu USD) pada akhir tahun 2020, hal ini tidak terlepas dari uapaya peningkatan ekspor yang telah dilakukan Bea Cukai Teluk Nibung melalui aksi terobosan yang bertajuk Tim Kerja Kemudahan Layanan Informasi dan Izin Kebeacukaian di bidang ekspor (Klinik Ekspor), Tim Klinik Ekspor yang di bentuk ini adalah tim kerja yang bertugas mendata dan menganalisis potensi ekspor yang ada dengan berkordinasi serta bersinergi dengan instansi terkait, juga melakukan publikasi, sosialisasi, dan layanan informasi secara terpadu.

Seperti yang diketahui keberadaan Kota Tanjungbalai dengan Negara Malaysia cukup dekat,sehingga memudahkan serta mempercepat jarak dan waktu tempuhnya.

Kota Tanjungbalai juga di kenal sebagai produk laut yang sebahagian besar diekspor ke Malaysia melalui pelabuhan teluk nibung.

Pada tahun 2020 ekspor produk perikanan mencapai 65 % dari seluruh komoditas yang di ekspor melalui pelabuhan teluk nibung, selain produk perikanan juga terjadi peningkatan ekspor komoditas pertanian, perkebunan dan perternakan dari berbagai wilayah propinsi sumatera utara dan propinsi disekitarnya.

Pantauan Asahan Satu di kantor Bea Cukai Teluk Nibung, Kamis (22/4/2021) di akhir acara Kepala Bea Cukai Teluk Nibung I Wayan Sapta Dharma, juga mengajak rekan rekan wartawan untuk meninjau keadaan serta kondisi pelabuhan teluk nibung saat ini.(MED)

No More Posts Available.

No more pages to load.