Danlanal TBA Gagalkan Warga Jatim Seludupkan Sabu 6 Kilogram di Perairan Asahan

oleh

Asahansatu || Danlanal Tanjungbalai-Asahan Konferensi pers terkait penangkapan warga Jawa Timur yang membawa narkoba jenis sabu seberat 6,098,2 gram (6 kg) di Aula Mako Danlanal Tba. Asahan, Jumat, (5/5/2023).

Danlanal Tba Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sebayang, SE, DWC saat konferensi pers di Mako Lanal Tba mengatakan bahwa penangkapan tersebut bermula ketika tim F1QR mendapatkan informasi yang diterima bahwa akan ada penyelundupan narkoba.

Atas informasi tersebut, tim F1QR bersama satgas gabungan Ops Intelmar Lantamal 1 melakukan penyisiran di sekitar perairan bagan asahan dan di temukan kapal tanpa nama jenis pukat jaring yang sedang mengapung,” ucap nya.

“Ketika itu juga tim melakukan pemeriksaan terhadap kapal tersebut namun tidak ditemui tekong maupun anak buah kapal nya, namun setelah pemeriksaan lebih dalam, tim menemukan salah seorang pria inisial Z,” ucap Danlanal Tba Aan.

Selanjutnya tim melakukan pemeriksaan terhadap Z dan ditemukan 4 bungkus plastik putih transparan di dalam tas ransel berwarna hitam, setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata pelaku membawa narkoba jenis sabu dari malaysia,”.

Kemudian pelaku beserta sabu dan sejumlah barang bukti lainnya diamankan di mako Lanal Tba, setelah itu pelaku dimintai keterangan terkait barang haram yang dibawanya.

Pelaku (Z) menjelaskan bahwa beliau tidak mengetahui apa yang ada di dalam tas ransel tersebut dan beliau juga mengatakan bahwa pelaku sudah 10 tahun bekerja di Malaysia sebagai buruh bangunan dan baru ini pulang untuk melihat ke 2 anak nya yang sakit.

“Karena saya ingin pulang melihat anak sakit dan tidak ada biaya untuk pulang, saya ditawarkan untuk membawa tas tersebut dan nanti setelah sampai di tempat tujuan, tas tersebut akan ada yang menjemput nya,” ucap Z saat konferensi pers.

Kegiatan Konferensi Pers tersebut turut dihadiri Kapolres Asahan AKBP Rocky Marpaung, Perwakilan BNN Sumut, Dandim 0208, Kejari Asahan, Bea dan Cukai Teluk Nibung, serta para insan pers.(HNS)