Diikuti 12.982 Siswa, Hari ini USBN SD di Asahan

oleh -275 views

Kisaran – Sebanyak 12.982 siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Asahan mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun ajaran 2017-2018, Kamis (3/5).

Dari jumlah tersebut, 11.505 peserta USBN dari SD Negeri dan 1.477 siswa berasal dari SD Swasta. Sedangkan total sekolah yang mengikuti berjumlah, 383 SD Negeri, dan 43 SD swasta.

“USBN dilaksanakan mulai Kamis (3/5) sampai Sabtu (5/5). Sedangkan untuk USBN susulan akan dilaksanakan tanggal 7 hingga 9 Mei mendatang. Ada tiga mata pelajaran yang diuji, Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan melalui Kabid Pendidikan Dasar, Pardamean Sitorus, Kamis (3/5).

Untuk USBN kali ini berbeda dengan yang dilaksanakan ditahun sebelumnya yang hanya berupa pilihan ganda. Sebab, menyertakan esai sebanyak 10 persen dari total soal.

“Kita ingin guru semakin memahami tentang standar isi, standar evaluasi, terutama kompetensi lulusan yang diharapkan. Bukan sekedar apa yang diajarkan guru, tapi apa yang harus dimiliki oleh siswa saat dinyatakan lulus,” imbuhnya.

Selain tiga mata pelajaran yang disebutkan dalam USBN juga ada beberapa mata pelajaran teori yang diuji. Diantaranya Agama, PKN, IPS, dan Bahasa Inggris. Sedangkan ujian tingkat sekolah sudah dilaksanakan pada tanggal 23-25 April lalu.

“Kami juga meminta kepada Kepala Sekolah untuk dapat mensosialisasikan USBN dan US kepada guru, peserta didik, Komite dan orang tua untuk memahaminya,” tandasnya.

Pardamean juga menambahkan kiranya pelaksanaan USBN ini dapat berjalan lancar dan para pelajar yang mengikuti ujian terus bersemangat dan teliti dalam menjawab seluruh soal ujian.

“Saya berharap para siswa dapat menjaga kesehatannya sehingga dapat mengikuti USBN ini sampai akhir. Saya juga menghimbau agar siswa/i dapat teliti dalam menjawab soal-soal ujian sehingga apa yang diharapkan yakni lulus 100 persen dapat tercapai,”pungkasnya. (A99)