Diskominfo Asahan Gelar Sosialisasi Literasi TIK Bagi Kaum Wanita

oleh -182 views

Kisaran – Peran kaum wanita dalam keluarga dinilai sebagai kunci keberhasilan dalam membangun masyarakat dan negara yang ideal. Saat ini, kemajuan masyarakat dan negara tidak bisa lepas dari peran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) itu sendiri.

Rahmat Hidayat Siregar SSos MSi, Kepala Dinas Kominfo Asahan mengatakan, untuk menunjang keberhasilan pembangunan, keterampilan dan keterlibatan kaum wanita dalam pemanfaatan TIK itu tidak bisa dipisahkan.

Menyadari tentang peran penting perempuan dalam pemanfaatan TIK untuk tujuan produktif, Dinas Kominfo Asahan melaksanakan sosialisasi Literasi TIK bagi kaum wanita.

“Sosialisasi ini diadakan diharapkan meningkatkan kesadaran, pembelajaran, penerapan dalam kehidupan pribadi dan masyarakat. Serta mampu menyosialisasikan penggunaan TIK,” ujarnya saat ditemui, Kamis (3/5) di sela-sela acara yang berlangsung di Hotel Antariksa Kisaran.

Dikatakan Dayat, maksud diselenggarakannya kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan SDM kaum wanita khususnya dalam mengelola dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Sebelumnya Bupati Asahan yang diwakilkan Asisten II saat membuka acara tersebut secara khusus mengutarakan bahwa Kabupaten Asahan sangat berkomitmen dan konsisten dengan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, sesuai dengan Visi dan Misi Kabupaten Asahan.

“Bahkan hampir seluruh Kecamatan sudah ter-cover jaringan internet yang infrastrukturnya dibangun oleh Pemkab. Sementara untuk wilayah perkantoran sudah menggunakan jaringan FO (Fiber Optic) yang memiliki kualitas terbaik. Pemkab juga menghadirkan beragam aplikasi yang memang sangat dibutuhkan saat ini, khususnya dalam hal efisiensi pada pelayanan dan pembangunan di segala lini,”jelasnya.

Kepada para peserta, Bupati berharap agar mengikuti pelaksanaan kegiatan ini sebaik-baiknya. “Pelajari dan ikuti sesuai dengan ketentuan yang telah mengaturnya. Manfaatkanlah teknologi informasi secara bertanggung jawab, serta ikuti norma dan etika dalam berkomunikasi,”ujar Bupati.

Sementara itu Drs Ibrar Samekto MSi, Kepala Balai Besar Pelatihan Sumber Daya Manusia Penelitian (BBPSDMP) Kementerian Kominfo Medan selaku narasumber mengutarakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan meningkatkan proses berkomunikasi bermedia.

“Disini juga akan memaparkan tentang dampak positif serta negatif melalui komunikasi bermedia, serta mendorong pemanfaatan teknologi informasi komunikasi saat ini,”paparnya.

Dengan melibatkan kaum wanita, khususnya kaum ibu sebagai orang terdekat di rumah, akan menjadi fungsi kontrol terhadap penggunaan internet yang baik dan aman. “Diharapkan akan ada kontribusi aktif dari seluruh peserta sehingga kegiatan ini menghasilkan manfaat seperti yang diharapkan,”tambahnya lagi.

Kegiatan sosialisasi ini melibatkan 75 peserta dari kaum wanita di Kabupaten Asahan yang berasal dari unsur PKK Kabupaten, Dharma wanita, Ibu pengajian perwiritan dan ibu-ibu dari gereja yang ada di Kecamatan Kisaran Barat dan Kecamatan Kisaran Timur. (A99)

No More Posts Available.

No more pages to load.