DPT Pilkada Asahan 0,95 % Lebih Banyak Dibanding Pada Pilgubsu 2018

oleh -647 views

KISARAN – Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) masyarakat asahan pada Pilgubsu 2018 mendatang mengalami penurunan bila dibanding dengan jumlah DPT pada Pilkada Asahan.

Bila pada Pilkada Asahan kemaren jumlah masyarakat asahan yang masuk dalam DPT berjumlah 511.567, maka untuk Pilgubsu nanti, jumlahnya hanya 488.642, atau menurun sekitar 0,95 %.

Namun jumlah tersebut menurut KPU Asahan bukanlah penurunan, tapi disebabkan perbedaan sistem saat ini. Dimana bila dalam Pilkada lalu berdasarkan tempat tinggal, namun kali ini berbasis KTP elektronik.

“Sebenarnya bukan penurunan ya. Kalau dalam pilkada lalu masyarakat yang mau milih bisa hanya membawa undangan bisa memilih. Tapi saat ini masyarakat yang hendak memilih datang ke TPS tapi tidak bisa menunjukkan KTP elektronik, dia tidak bisa memilih,” terang Ketua KPU Asahan Darwis Sianipar ditemui, Senin (30/4) pagi.

Untuk itu, pihaknya akan mengirimkan surat kepada masyarakat yang belum masuk ke dalam DPT untuk melakukan pengurusan ke dinas catat sipil.

“Nanti kita surati masyarakat untuk ke capil biar bisa dapat nomor induk kependudukan. Karna kalo tidak ada NIK tidak bisa memberikan hak suaranya. Ingat, 1 suara bisa menentukan, jadi pergunakan hak suara anda pada pilgubsu nanti,” akhir Darwis di ruangannya. (Elon.mag)