Hadapi Revolusi Industri 4.0, KOMASI Asahan Gelar Focus Group Discussion

oleh -390 views

Asahan Satu || Komunitas Mahasiswa Asahan Indonesia (KOMASI) Kabupaten Asahan menggelar Diskusi Kelompok Terarah (Focus Group Discussion) dengan tema “mengembangkan potensi mahasiswa diera digitalisasil”,di halaman dinas kehutanan, Jalan Prof.H.M.Yamin No.173, Kisaran Naga, Kec. Kisaran Timur Kabupaten Asahan. Kamis (4/2) sekira Pukul 14.30 WIB.

Muhammad Syafrizal Ritonga selaku ketua KOMASI sekaligus sebagai narasumber dalam kegiatan diskusi tersebut mengajak kaum millenial juga mahasiswa harus memiliki rasa optimistis dalam menghadapi tantangan di masa pandemik Corona Virus Disease (Covid-19) yang saat ini terjadi, serta harus memiliki tujuan dan langkah dalam menyambut status “New Normal” usai pandemik Covid-19.

“Pemuda dan mahasiswa harus menempatkan posisi sebagai kaum intelektual yang ikut serta dalam membangun negara Indonesia pasca dilanda pandemik Covid-19, khususnya di Kabupaten Asahan. Maka dari itu pemuda dan mahasiswa memiliki peranan penting sehingga harus mendapat bantuan dan perhatian khusus dari pemerintah terutama dalam dunia digital saat ini”, terang tokoh pemuda asal Kecamatan Pulau Rakyat itu.

Ditengah tengah diskusi tersebut Safrizal juga memberikan pencerahan ilmu pengetahuan tentang bagaimana cara peranan pemuda dan mahasiswa agar cepat beradaptasi dengan revolusi industri 4.0.

“Pembangunan sumberdaya manusia yang unggul sangat mutlak diperlukan, dan menjadi prioritas utama dalam setiap pelaksanaan pembangunan, sehingga nantinya bencana non alam pandemi Covid-19 akan dengan sendirinya menjadikan kita cepat beradaptasi dengan Revolusi 4.0″, paparnya.

Lebih lanjut Syafrizal mengatakan Revolusi Industri 4.0 merupakan suatu konsep yang memiliki kolaborasi teknologi cyber dan teknologi otmatisasi, sehingga penerapannya berpusat pada konsep otomatisasi itu sendiri dan dilakukan oleh teknologi tanpa memerlukan tenaga kerja manusia dalam proses pengaplikasiannya.

Hingga 1 jam kegiatan diskusi pun berlangsung sukses dan berjalan dengan melaksanakan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan mengatur jarak.(**)