Harga Cabai Merah Relatif Stabil di Kisaran

oleh
oleh

Asahansatu – Harga cabai merah relatif stabil di kota Kisaran, kondisi ini disambut baik oleh masyarakat.

Pantauan Asahansatu.com di sejumlah pasar yang ada dikota Kisaran, harga cabai merah rata – rata berkisar Rp.36 ribu per kilogramnya. Di pasar Inpres Jalan harga cabai merah Rp.36 ribu perkilogram, pasar Bhakti Rp.35 ribu perkilogram dan di pasar Kartini harga cabai merah sedikit lebih tinggi Rp.37 ribu perkilogramnya.

J Sidahuruk salah seorang pedagang di pasar Inpres Kisaran saat dikonfirmasi, Jumat (6/10) mengatakan, sejak sepekan terakhir harga cabai merah relatif stabil dibandingkan sebelumnya. “ jika pun naik, hanya Rp.1000 ke Rp.2000 saja “ ungkap Sidahuruk sambil tersenyum.

Hal senada juga dikatakan, H Tarigan pedagang di pasar Bhakti Kisaran, “ belakangan ini, harga cabai merah tidak perna melonjak tinggi dan cendrung stabil, mungkin dipengaruhi dengan musim panen petani yang hampir bersamaan sehingga pasokan tetap ada “, ujarnya.

Begitu juga dikatakan oleh Saman pedagang cabai merah yang berjualan di pasar Kartini Kisaran, perbedaan harga eceran tergantung dengan agen. “ Jika harga agen tinggi maka pedang akan menjual dengan harga tinggi “.

Terpisah Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan (Kopdag) Kabupaten Asahan Drs H Suprianto SPd saat dikonfirmasi melalui selulernya mengatakan, pihaknya tetap memantau perkembangan harga sejumlah bahan kebutuhan di pasaran.

Kepada pedagang, pihaknya selalu memberikan himbauan agar tidak memainkan harga tanpa memikirkan konsumen, jika harga stabil antara masyarakat dan pedagang sama – sama diuntungkan, “pedagang dihimbau tetap, memperhatikan alat timbang yang digunakan agar konsumen dalam hal ini tidak dirugikan. ( Lintang)