Hidupkan Biota Laut,Kapolres Batu Bara Tanam Ribuan Pohon Mangrove

oleh -662 views

Batu Bara – Ratusan personil Polres Batu Bara bersama dengan ormas dan masyarakat, dan komunitas peduli Mangrove, tanam 5000 pohon mangrove di pesisir pantai Sejarah Desa Perupuk.

Saat ini bumi tengah mengahadapi beberapa ancaman global yang serius. Ancaman itu seperti banjir, erosi, tanah longsor, kekeringan, pemanasan global, rusaknya lingkungan alam, kepunahan dan hilangnya beberapa jenis biota laut dan flora fauna, kebakaran hutan dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, Kapolri Jenderal Idham Aziz, MSi menginstruksikan kepada jajaran kewilayahan agar giat dan mengencarkan penanaman pohon dilingkungan kesatuan dan wilayah hukum yang ada sebagai komitmen bahwa ‘Polri peduli lingkungan’.

Demikian pidato Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, SH. MH pada acara penanaman mangrove di kawasan pantai Sejarah, Desa Perupuk, Kec Lima Puluh Pesisir, Kab Batu Bara, Jum’at (10/1/20).

Dikatakan Kapolres, upaya penyelamatan lingkungan dan rehabilitasi hutan dan lahan melalui konservasi tanah dan air serta reboisasi dan penghijauan sudah tidak dapat ditunda lagi.

Oleh karena itu, adalah upaya bersama guna memberikan kesadaran menanam, memelihara pohon dan melestarikan hutan dapat terus berkembang dan meluas diberbagai kalangan masyarakat khususnya di Kabupaten Batu Bara.

“Jangan kita berpikir apa yang kita tanam hari ini hanya untuk diri kita, namun lihatlah apa yang akan kita tinnggalkan untuk anak cucu kita, dan warga desa Perupuk harus merawat mangrove, jangan sebaliknya”, sebut Kapolres.

Bupati Batu Bara Ir Zahir MAP yang diwakili oleh Asisten II Sahala Nainggolan, Pemkab Batu sangat apresiasi atas ide kreatif dari Kapolres Batu Bara yang peduli untuk menanam pohon mangrove di pesisir Pantai Sejarah, ini semua menguntungkan untuk nelayan, ungkap Sahala.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Batu Bara diwakili asisten I Rusian Heri dan asisten II Sahala Nainggolan, Dandim 0208 Asahan diwakili Pabung Mayor Inf TM Panjaitan, Danyon 126 kala Cakti Letkol Mulyo Junaidi, Kakan Kemenag Batu Bara H Ahmad Sofyan, MA, sejumlah anggota DPRD Batu Bara, pejabat utama Polres Batu Bara, Ketua Bayangkhari Polres Batu Bara, sejumlah Camat, Kades, tokoh masyarakat serta unsur OKP. (AS2/Plk)