Hujan Deras, Pesawat Lion Air Tergelincir di Bandara, “Seluruh Penumpang Selamat”

oleh -445 views

Gorontalo – Seluruh penumpang dan kru pesawat Lion Air yang tergelincir di di Bandara Jalaluddin Tantu Gorontalo, Minggu (29/4/2018) Jam 18.35 petang, dalam keadaan selamat.

Pesawat tersebut membawa 174 penumpang (sebelumnya disebut 177 penumpang) dan tujuh orang kru dengan pilot Kapten Djoko Sigit.

“Kami ralat jumlah penumpang 174 orang dan crew pesawat tujuh orang sehingga totalnya 181 orang,” kata Jamal Nganro Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, Minggu.

“Semua penumpang dan awak selamat, sudah dievakuasi dan ditangani oleh petugas” kata tambah Jamal.

Pesawat dengan nomor penerbangan JT 892 rute Makassar-Gorontalo tersebut mendarat saat hujan lebat pada pukul 18.35 Wita.

Dampak pesawat Lion Air yang tergelincir di Bandara Djalaluddin, Gorontalo masih dirasakan penumpang. Mereka mengaku mual akibat kejadian tersebut.

“Iya, Mas, pesawat kita tergelincir. Saya masih shock dan mual-mual akibat kejadian tadi,” kata seorang penumpang, Vina di lokasi.

Terkait peristiwa ini, pesawat Lion Air yang dipiloti Capten Djoko Sigit mengalami patah sayap. Namun belum diketahui pasti sayap sebelah mana yang patah.

Selain itu, bola depan pesawat pun patah. Hingga kini belum ada penyataan resmi dari pihak bandara dan juga pihak lain Air itu sendiri.

Menurut Salah Satu Penumpang, Haris Zakaria kondisi cuaca memang curah hujan sangat tinggi. Saat penerbangan dari Makassar tidak ada tanda–tanda yang mengkhawatirkan, kala itu pesawat take off pukul 17.00 Wita.

Curah Hujan Tinggi

Saat berada di udara, ia melihat dari kaca pesawat curah hujan di luar badan pesawat sangat deras. Kondisi itu terdengar terus hingga pilot memutuskan untuk mendarat.

“Sebelum pesawat mendarat di Bandara Djalaludin Gorontalo, saya masih mendengar di luar badan pesawat curah hujan masih sangat deras. Dan pihak pilot Lion Air terkesan memaksakan untuk melakukan pendaratan,” ujar dia.

Tiba-tiba, Setelah mendarat sekitar pukul 18.35 Wita, hanya dalam hitungan detik, pesawat oleng dan keluar dari jalur run way. Akibatnya, pesawat tergelincir dan keluar dari jalur pendaratan, ke arah sebelah kiri jalur.

Seluruh penumpang terpaksa dievakuasi dengan mobil apa adanya. Walaupun dikondisi masih hujan deras.

Simak video detik detik evakuasi.(A1)