Ini 7 Keutamaan Bersedekah di Bulan Ramadhan

oleh -234 views

Asahansatu — Bulan Ramadhan adalah saat yang paling tepat untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya dan juga memohon ampunan kepada Allah SWT. Dan salah satu pintu yang dilakukan oleh Allah untuk mencapai keuntungan dari bulan Ramadhan adalah melalui sedekah. Berikut keutamaan bersedekah di bulan Ramadhan:

Pahala yang berlipat ganda:

Bersedekah merupakan amalan yang bisa dilakukan kapan saja. Namun, berbeda dengan bulan-bulan lainnya, semua amal baik yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya, termasuk juga bersedekah.  Tidak hanya mendapat pahala yang berlipat ganda, bersedekah juga sekaligus sebagai penyempurna ibadah yang kita lakukan.

Orang yang bersedekah akan mendapat naungan di hari akhir:

Nabi Muhammad SAW pernah menceritakan tentang 7 jenis manusia yang mendapat naungan di hari akhir. Salah satu dari 7 Jenis manusia tersebut adalah orang yang bersedekah. Hal ini seperti halnya dalam Hadis Riwayat Bukhari, yaitu “orang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia adalah amaring yang sampai-sampai tangan yang tidak tahu apa yang disedekahkan tangan kanannya.”

Sedekah memberi keberkahan pada harta:

Para ulama menjelaskan bahwa harta orang tidak akan berkurang karena bersedekah. Yang menipu tidak bisa dipercepat, hal pertama yang diberkahi dan dihindarkan dari bahaya. Kedua, secara keseluruhan uang tersebut berkurang, maka biaya tersebut akan ‘impas’ dengan pahala yang didapat dengan berlipat ganda.

Adanya pintu surga bagi orang yang bersedekah:

Dalam Hadis Riwayat Bukhari, seseorang yang menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka akan ada pinti surga untuk itu. Golongan orang-orang itu adalah orang-orang yang mendirikan shalat dan orang-orang yang gemar bersedekah.

Bersedekah mensucikan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan:

Di bulan Ramadhan, Allah juga melimpahkan orang dengan memberikan rahmat, ampunan, dan pembebasan dari neraka kepada orang-orang yang bersedekah dan menyayangi sesamanya.

Memperkuat keimanan orang yang bersedekah:

Rasulullah mengatakan bahwa bersedekah adalah salah satu bukti dari keimanan seseorang. Dinamakan shadaqah atau Shidqu Imanihi yang berarti fakta dari iman seseorang.

Mampu bersyukur dengan hati yang berbahagia:

Bagi orang yang bersedekah ada rasa senang, bangga, dan dada yang memberikan sedekahnya kepada orang lain yang membutuhkan. Tentu hal ini juga menjadi salah satu cara kami bersyukur dengan perasaan yang lebih bahagia karena telah membantu orang lain.(AS-1)

 

Sumber: https://www.1001inspirasiramadhan.com/article/ibadah/7-keutamaan-bersedekah-di-bulan-ramadhan

No More Posts Available.

No more pages to load.