Ini Aturan Baru MotoGP untuk Musim 2018 dan 2019

oleh -329 views

Asahansatu.com – Penyelenggara MotoGP akan mulai menerapkan peraturan baru pada musim 2018 dan 2019. Untuk musim 2018 akan diatur tempat uji coba pribadi, sedangkan musim 2019 salah satu dari tiga uji coba resmi akan ditiadakan. 

Dikutip dari Crash, untuk 2018, tim hanya boleh melakukan set-up motor dalam uji coba yang berlangsung lima hari, sebelum balapan di akhir pekannya. Mereka tidak boleh melakukan pengembangan motor. Uji coba pada jeda musim panas juga akan ditiadakan.

Keputusan untuk mengurangi tes pramusim akan dilakukan pada 2019. Upaya itu untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah seri balapan. 

Thailand akan masuk dalam kalender balapan 2018. Sementara itu, Finlandia akan bergabung mulai 2019.

Pada musim 2018, tes pramusim akan berlangsung di Sepang, Buriram, dan Losail. Buriram akan menggantikan Philip Island, untuk mengumpulkan data terutama ban, menjelang MotoGP Thailand pada Oktober. 

Selain aturan itu, Dorna Sport SI sebagai pemegang lisensi MotoGP ingin lebih memanjakan penggemarnya. Dorna akan menggunakan teknologi canggih di masa depan. 

Dikutip dari Crash, Dorna akan memasang kamera 360 derajat di motor pembalap MotoGP. Mereka tidak ingin kalah dengan olahraga lain yang sudah menggunakan teknologi ini sebelumnya. 

Namun, Dorna tentu tidak ingin menggunakan teknologi yang biasa saja. Mereka akan memakai sistem yang lebih canggih yaitu turbo Zoetrope 360 derajat.

Nama Zoetrope berasal dari bahasa Yunani. Zoe (kehidupan) dan Tropos (balik).

Sistem ini sebenarnya sudah diperkenalkan oleh Dorna sejak tahun lalu. Zoetrope memiliki empat kamera yang bisa melihat 360 derajat. 

Dengan adanya kamera ini, maka diharapkan penggemar akan bisa melihat apa yang terjadi di sekeliling pembalap. Selain itu, Dorna juga ingin memberikan sensasi yang lain bagi fans MotoGP. 


No More Posts Available.

No more pages to load.