Ini Pesan Kadinkes Asahan Agar Jantung Kita Sehat

oleh
oleh

Kisaran – Sakit jantung dipicu beberapa faktor risiko utama, di antaranya darah tinggi atau hipertensi. Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian pertama di dunia.

“Lakukan olahraga teratur, konsumsi buah dan periksa tekanan dara secara rutin untuk menghindari serta mendeteksi secara dini penyakit jantung dan yang pasti berhentikan kebiasaan merokok,“kata Kadinkes Asahan, dr Aris Yudhariansyah, Sabtu (14/10).

Menurutnya,  penyakit jantung dapat dicegah dengan pola hidup sehat, seperti mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, banyak berolahraga dan berhenti merokok. Kehidupan masyarakat modern telah mengubah manusia menjadi kurang bergerak aktif karena banyak dibantu fasilitas canggih sehingga kinerja motorik otot tubuh berkurang.

“Kebiasaan bangsa kita dari berjalan kaki diganti menjadi naik kendaraan dan diperparah dengan konsumsi makanan instan yang tidak seimbang. Tidak diimbangi dengan buah dan sayur serta konsumsi air secukupnya,” pungkasnya.

Dia menambahkan, merokok salah satu penyebab penyakit jantung. Sampai saat ini, jumlah perokok aktif di Indonesia mencapai 70 juta jiwa penduduk. Jika satu orang perokok mengeluarkan minimal biaya Rp10 ribu saja per hari, maka uang yang dikeluar­kan untuk membeli rokok sebesar Rp700 milliar per hari.

“Banyak zat-zat kimia di dalam rokok yang bisa merusak organ tubuh. Zat kimia, termasuk racun-racun masuk ke paru-paru lalu meneruskannya ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah sehingga memicu penyakit jantung,”jelasnya.