Kapolres Asahan Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh 2018

oleh -447 views

Kisaran – Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dan Jelang Pilkada serentak, dalam dua minggu ke depan Polres Asahan akan menggelar Operasi Patuh 2018 yang dimulai Kamis (26/4) sampai dengan 09 Mei 2018.

Hal itu ditandai dengan apel gelar pasukan yang dipimpin oleh Kapolres Asahan AKBP Yemi Mandagi di halaman Mapolres Asahan, Kamis (26/4).

Apel gelar pasukan ini dihadiri oleh unsur Forkopimda, TNI, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan sejumlah OPD kabupaten Asahan.

Dalam amanat Kakorlantas Polri yang di sampaikan oleh Kapolres Asahan, yang menjadi fokus perhatian Operasi Patuh 2018 saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Karena keselamatan menjadi sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas.

“Keselamatan dalam berlalu lintas sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting. Kesadaran pengguna lalu lintas baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor maupun pengguna jalan lainnya masih rendah, dan masih ditemukan pengendara yang melawan arus lalu lintas, pengemudi menggunakan hp, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu, pengemudi di bawah umur, pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI, pengemudi kendaraan bermotor menggunakan Narkoba atau mabuk, pengemudi kendaraan melebihi kecepatan yang ditentukan,”papar Kapolres.

Sesuai amanat UU nomer 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan diharapkan, mewujudkan dan memelihara keamanan dan keselamatan, kelancaran serta ketertiban berlalu lintas.

Meningkatkan kwalitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas dan meningkatkan kealitas pelayanan kepada publik. Sehingga Program Polri tentang Promoter (profesional moderen terpercaya) sanggup mengantisipasi modernisasi transportasi yamg semakin berkembang di era digital sekarang ini.

“Sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusinya yang harus di terima dan di jalankan oleh semua pihak,”kata Kapolres.

Untuk Ops Patuh 2017, lanjut Kapolres, kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan sebanyak 9 kejadian atau 52,94 % dibanding tahun 2016 sebanyak 17 kejadian. Korban meninggal ops patuh 2017 sebanyak 6 orang mengalami peningkatan 20 % dibanding tahun 2016 sebanyak 5 orang.

Sedangkan jumlah pelanggaran lalu lintas ops patuh tahun 2017 meningkat 43,32 % sebanyak 3.619 pelanggar dari tahun 2016 dengan jumlah tilang sebanyak 2.097 lembar dan 428 teguran.

“Secara umum dari hasil evaluasi tersebut, bahwa dominasi pelanggaran yang terjadi adalah pelanggaran surat – surat kendaraan, pengguna helm dan pelanggaran rambu-rambu dan marka jalan,”tutup Kapolres. (A99)