Khairul Anhar Harahap: “Masyarakat Desa Gunung Berkat Tuntut Janji Bupati Asahan Bangun Sekolah Dasar”

oleh -1.204 views

ASAHAN — Masyarakat Desa Gunung Berkat Dusun lV Pargambiran, Kecamatan Bandar Pulau Kabupaten Asahan Sumut membutuhkan gedung sekolah dasar yang baru karena satu SD yang ada saat ini sudah tidak dapat menampung semua murid yang berasal dari Desa itu.

Akibat sarana sekolah yang tidak mencukupi, kegiatan belajar mengajar dibagi dua kelompok, yakni pagi dan siang hari.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan melalui Koordinator Wilayah Pendidikan pada Dinas Pendidikan Kecamatan Bandar Pulau Supriono mengungkapkan, saat ini satu SD Negeri 016405 di Desa Gunung Berkat, dapat menampung seluruh murid yang berjumlah sekitar 360 orang.

Selain terbagi ke dalam dua kelompok, sebagian murid harus berjalan kaki sejauh 4 kilometer menuju sekolah mereka karena tidak adanya angkutan umum.

“Sudah lama memang satu sekolah itu tidak bisa menampung semua murid. Selain itu, jarak antara rumah orang tua murid dengan sekolah itu cukup jauh dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Sebab, angkutan umum nyaris tidak ada, katanya, Kamis (31/1/2019).

Dia menuturkan, pemerintah desa dan pihak sekolah sebenarnya sudah mengajukan pembangunan sekolah baru di Dusun lV Desa Gunung Berkat. Namun, pembangunan belum bisa terwujud lantaran terkendala ketersediaan lahan, Fasilitas dan ketersedian tenaga pendidik, cetusnya.

Tokoh muda Asahan yang juga Ketua Generasi Muda Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (GM Pekat-IB) Sumut, Khairul Anhar Harahap SH ketika meninjau lokasi bekas sekolah di dampingi tokoh pemuda Desa Gunung Berkat Hotmar Dohar Panjaitan, mengungkapkan rasa prihatin dan mendesak Bupati Asahan Drs.H.Taufan Gama Simatupang agar merealisasikan janjinya kepada masyarakat untuk membangun gedung SD Negeri di Desa Gunung Berkat Dusun lV.

“Ini kita tinjau ada bangunan SD didirikan pada tahun 2009 melalui swadaya masyarakat Pargambiran yang khusus menampung kelas l dan kelas ll. Namun, karena keterbatasan Fasilitas gedung, tenaga pendidik, keuangan, akhirnya ditutup, masyarakat menyebut bahwa Bupati Taufan Gama Simatupang beberapa waktu lalu sudah berjanji untuk membangun SD dilokasi ini” ujar Aktivis sosial itu kepada asahansatu.co.id

“Selanjutnya ada lokasi yang cocok untuk pembangunan SD baru, yakni di Kampung Pargambiran dusun 4. Lokasi tersebut dekat dengan perumahan warga, sehingga para murid tidak terlalu jauh untuk berjalan kaki berkilo-kilo meter lagi menuju sekolah” papar Caleg DPRD Provinsi Sumatera Utara Nomor 5 dari Partai Bulan Bintang tersebut.

Pembangunan gedung SD baru, menurut Dohar Panjaitan memerlukan lahan, Fasilitas Gedung, Tenaga Pendidik. Meski lokasi pembangunan telah ditentukan, hingga kini pihaknya masih menunggu dukungan Pemkab Asahan.

Program pembangunan Sekolah Dasar (SD) yang baru, lanjut Dohar kiranya segera dikucurkan Pemerintah Kabupaten Asahan, mengingat saat ini Warga Desa Gunung Berkat sangat membutuhkannya demi masa depan anak-anak mereka. (**)