KKN Mahasiswa Fakultas Hukum UNA, Dr.Mangaraja: Semoga Bermanfaat Bagi Warga Desa Pulo Bandring

oleh -88 views

Asahansatu || Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Asahan (UNA) melaksanakan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan hukum kepada warga Desa Pulo Bandring, Kecamatan Pulo Bandring, Kabupaten Asahan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Balai Desa Pulo Bandring, Selasa (6/4) itu di hadiri Kepala desa Pulo Bandring Hermansyah Manurung, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Mangaraja Manurung S.H,.M.H, aparatur desa dan tokoh masyarakat desa Pulo Bandring.

Dalam kegiatan itu Ketua Pelaksana Penyuluhan, Muhammad Diani Zuhri menyampaikan tema yang dibawakan adalah peran pemerintah desa Pulo Bandring dalam mendukung pendaftaran penduduk melalui e-KTP dan dampak pernikahan usia dini.

Menurutnya  kegiatan yang digelar mahasiswa KKN diharapkan dapat memberikan edukasi serta wawasan masyarakat pentingnya melek hukum. Harapannya, bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

“Penyuluhan ini bertujuan agar masyarakat, khususnya Desa Pulo Bandring, guna menghimbau pentingnya Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan juga terciptanya keakuratan data penduduk untuk mendukung program pembangunan, harapan saya juga bahwa pernikahan seharusnya dilakukan saat seseorang telah siap secara mental, sosial maupun fisik”. tuturnya.

Dalam hal ini Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Mangaraja S.H,.M.H Kegiatan ini sebagai bagian dari pengabdian mahasiswa fakultas hukum sangat positif, untuk mencerdaskan masyarakat, “kegiatan ini merupakan kegiatan yg kedua dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Hukum yg KKN di desa Pulo Bandring, harapannya seluruh materi yang disampaikn dapat bermanfaat bagi element masyarakat “.

Sementara itu, Kepala Desa Pulo Bandring dalam sambutannya mengucapkan terimakasih terhadap mahasiswa KKN yang sudah membagikan sebagian pengetahuan nya kepada masyarakat desa yang dipimpinnya.

“Sangat luar biasa kegiatan seperti ini, sangat bermanfaat meningkatkan pemahaman tentang hukum bagi kami, dalam melaksanakan tugas sebagai perangkat desa,”ujar Hermansyah Manurung.(FND)