Kota Tanjung Balai di Landa Bencana Banjir

oleh -780 views

Asahansatu || Kota Tanjungbalai salah satu kota wilayah di Sumatera Utara, daerah yang terletak dipesisir pantai perairan Selat Malaka yang berhadapan dengan negara jiran Malaysia.

Banjir rob merupakan fenomena pasang air laut yang meluap ke daratan. Sehingga Pasang Besar yang disebut Banjir Rob ini akan menggenangi bagian daratan pantai atau tempat yang lebih rendah dari muka air laut saat pasang tinggi.

Banjir rob merendam sejumlah Kecamatan di Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara, ketinggian air berkisar duapuluh hingga tigapuluh centimeter diperkirakan selutut orang dewasa.Selasa (27/4/21).

Yuha Syufat Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah Tanjungbalai mengatakan kepada Jurnalis Bahwa saat ini kita sedang dalam darurat bencana Banjir.

“Hal ini tentu saja sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat kota Tanjungbalai yang sering mengalami kebanjiran, untuk Wilayah Kecamatan Datuk Bandar dan Datuk Bandar Timur Banjir sering terjadi disetiap Akhir Tahun nya” ,ungkapnya.

Banjir Rob juga menggenangi dibeberapa titik Wilayah Tanjungbalai Utara, Tanjungbalai Selatan, Sei Tualang Raso dan Di Teluk Nibung ini paling sering mengalami Kebanjiran apabila Air pasang Naik/Banjir Rob dan sering juga disebut Pasang Keling bahkan dalam 1bulan bisa 2/3kali.

Tentu saja hal ini sangat meresahkan warga, banjir pun bukan hanya diakibatkan oleh Air Pasang saja, namun tidak berfungsi nya drainase dan gorong-gorong di beberapa titik Kota Tanjungbalai. Curah Hujan yang ±1 jam saja dapat mengakibatkan tergenangnya air di wilayah kota Tanjungbalai bahkan mencapai 30cm.

Yuha juga mengatakan perlu nya perhatian kita bersama khususnya pemerintah kota Tanjungbalai agar cepat sigap dan tanggap terhadap bencana yang melanda kota kita ini.

“Pendangkalan sungai dan tidak berfungsinya Gorong-gorong adalah sebab akibat nya terjadi banjir rob yang merendam sampai ke pusat pertokoan di Kota Tanjungbalai”, tutup yuha.(HNS)