Kota Tanjungbalai Juara Umum FSQ Sumut

oleh

Asahansatu || Kota Tanjungbalai keluar menjadi juara umum pada Festival Seni Qasidah tahun 2023 tingkat Provinsi Sumatera Utara dengan memperoleh medali terbanyak yang diselenggarakan 10 – 13 Agustus 2023 di Kota Medan. Senin, (14/8/2023).

Kota Tanjungbalai dinyatakan keluar sebagai umum dengan memperoleh medali terbanyak setelah berhasil menggeser Kabupaten Serdang Bedagai, yang berhasil diraih putra/putri Kota Tanjungbalai dari berbagai cabang yang ditandingkan.

Di lapangan kantor Gubsu eks Medan Club, Jln. Kartini. Gubernur Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi berpesan agar kedepannya semua pihak bersama masyarakat untuk memberikan perhatian besar pada kegiatan seni qasidah. Sebab, ada nuansa islami di dalamnya.

“Saya ingin ada konser seni qasidah dan nasyid seperti yang diselenggarakan setiap 3 bulan sekali agar dapat menarik minat para generasi muda selanjutnya,” Ucapnya.

Edy Rahmayadi menegaskan agar telinga masyarakat terbiasa dan akrab dengan lagu-lagu islami seperti qasidah atau musik rebana. Termasuk dalam resepsi pernikahan yang sejatinya sakral, menggunakan hijab dan ada lantunan ayat-ayat alquran di dalamnya, serta diiringi dengan lagu yang menuntun kehidupan.

“Hidup adalah pilihan, seni adalah teman hidup. Berarti tanpa seni, manusia seakan tak punya kehidupan. Tetapi dimana lagu-lagu yang menuntun kita pada kebaikan, islami, supaya kita membiasakannya. Dan saya bangga dengan lasqi Sumut, bisa menorehkan tinta emas di tingkat nasional,” Tegas Gubsu H. Edy Rahmayadi.

Gubsu H. Edy Rahmayadi serahkan piala juara umum yang diterima ketua TP-PKK Kota Tanjungbalai Ny. Hj. Fatiah Haitami Waris, dan para pemenang juga mendapatkan uang pembinaan serta hadiah tablet dari Dinas Kominfo Sumut.

Kegiatan Festival Seni Qasidah Provinsi Sumatera Utara ditutup dengan 1.000 mujahid oleh grup vokal Maidani.(RBB)