KPU Laksanakan Rapat Kordinasi Tahap II Pada PPK dan PPS Kota Tanjungbalai

oleh -932 views

TANJUNGBALAI — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungbalai,laksanakan rapat kordinasi pemutakhiran Data Pemilih tentang Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) tahap II.

Acara yang yang dihadiri oleh seluruh Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kotatanjungbalai itu,langsung dibuka oleh Ketua KPU Tanjungbalai Luhut Parlinggoman Siahaan SH,Kamis (24/2) sekira pukul 09:30 WIB di Tresya Internasional Hotel.

Dalam acara rapat kordinasi DPK dan DPTB tahap II itu,Ketua KPU meminta seluruh panitia pemilihan untuk segera melakukan verifikasi dan validasi data tambahan dan daftar pemilih khusus.

“Saya meminta PPK dan PPS untuk segera mungkin melakukan verifikasi dan validasi data DPT dan DPK. Agar disesuaikan dari data yang diterima oleh KPU dari Dinas Kependudulan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tanjungbalai. Supaya semua data pemilih bisa cocok nantinya,”ungkap Luhut Parlinggoman Siahaan dalam pengarahannya yang didampingi anggota KPU bidang Divisi Data dan Perencanaan Bob Friandy.

Dijelaskannya,pendataan ulang ini dilakukan terkait DPTb dan DPK yang dilaksanakan KPU berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 37 Tahun 2018, atas perubahan PKPU No 7 Tahun 2017 tentang tahapan program dan jadwal pelaksanaan Pemilu 2019.

“Bagi warga yang sudah masuk DPT, dapat masuk ke DPTb dengan mengurus surat pindah memilih atau formulir A5. Dengan cara menyiapkan KTP-E serta sudah dapat memastikan masuk DPT. Sedangkan DPK dalah pemilih yang tidak terdaftar sebagai DPT dan DPTb. Tetapi sudah memenuhi syarat sebagai pemilih dan sudah bisa melakukan pencoblosan,”jelas Luhut lagi.

Bagi warga yang ingin mengurus pindah memilih,Tambah Luhut, dapat mengurus Formulir A5 di PPS asal memilih atau seandainya warga tidak memiliki waktu untuk mengurus Formulir A5.

“Mohon rekan rekan sampaikan kepada Warga Tanjungbalai. Warga dapat meminta Formulir A5 di Kantor KPU atau PPS dengan tujuan memilih. jika sudah memiliki Formulir A5 warga segera melaporkan kembali ke PPS tujuan dimana mencoblos. Karena Pengurusan pindah memilih ini akan berakhir pada tanggal 18 Maret 2019 nanti,”sebut Luhut mengakhiri.(**)