Market Day Tingkatkan Kreatifitas Pelajar SMK 6 Tanjungbalai

oleh

Asahansatu || Sekolah menengah kejuruan (SMK) Negeri 6 Kota tanjung balai melaksanakan Market Day bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan wirausaha bagi siswa siswi di lingkungan sekolah tersebut. Sabtu. (21/10/2023).

Muhammad Ali wakil kepala sekolah SMKN 6 dan juga sebagai bidang kesiswaan mengatakan bahwa dengan diadakannya Market Day, dapat menumbuhkan kreativitas dan melatih kewirausahaan dengan cara membuka tenda bazar dan mengelola atau membuat makanan dan minuman sendiri.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini mudah-mudahan setelah mereka tamat nanti bukan hanya kuliah namun juga bisa berwirausaha dengan mandirinya dan menciptakan lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Ali juga mengatakan bahwa kegiatan Market Day bagaimana cara mereka mengolah makanan itu sendiri serta penghasilan yang didapat dari berjualan tersebut juga mereka kelola sendiri agar memahami bagaimana menjadi seorang wirausaha.

“Bukan hanya bazar saja, ada kegiatan menari, fashion, penampilan silat, penampilan anak pramuka serta fashion show busana menggunakan bahan daur ulang atau memanfaatkan bahan disekitar mereka, dan yang terakhir lucky draw bagi penjualan terbanyak,” ucap M. Ali.

Muhammad Ali mengatakan bahwa kegiatan tersebut juga tidak lepas dari projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) kurikulum merdeka yaitu karena dengan program ini tumbuhlah sifat mandiri dan kreativitas siswa kemudian adanya gotong royong atau bekerja sama dalam mensukseskan Market Day tersebut.

“Karena kegiatan pertama yang dilaksanakan di SMK Negeri 6 kota Tanjung balai, pasti adanya kekurangan. Dan semoga di tahun depan apa yang menjadi kekurangan maka akan kita perbaiki semaksimal mungkin,” tegasnya.(HNS)