Mengenal Pagar BRC: Jenis, Keunggulan dan Tips Memilih

oleh

Apa itu pagar BRC? Pagar BRC adalah pagar yang terbuat dari besi beton dengan ketebalan 5 mm hingga 8 mm yang sudah dilas. Ciri khas pagar BRC yaitu struktur segitiga gulung atau lengkung di bagian ujung atas dan bawahnya.

Selain baja beton, pagar BRC juga ada yang terbuat dari baja ringan atau stainless steel yang juga melalui proses pengelasan. Artikel ini akan mengulas lebih lanjut mengenai pagar BRC, mulai dari jenis, keunggulan dan tips memilihnya yang tepat untuk hunian Anda.

BRC sendiri adalah singkatan dari British Reinforced Concrete, nama perusahaan asal Inggris yang memasok tulangan baja dan produk terkait beton. Perusahaan ini mempopulerkan penggunaan wiremesh yang memanfaatkan batangan-batangan besi bulat panjang untuk menguatkan struktur cor.

Pagar BRC memiliki fitur yang membedakannya dari pagar besi lainnya, yaitu lengkungan di kedua ujung yang membentuk segitiga. Lengkungan dibuat agar pagar lebih aman saat diaplikasikan.

Di pasaran, pagar BRC tersedia dengan warna silver. Tapi, Anda juga bisa custom dan menyesuaikannya dengan tampilan yang diinginkan.

Penggunaan pagar BRC biasa dipakai di berbagai tempat, seperti perkantoran, perumahan, sekolah, taman bermain anak, hingga bandara. 

Jenis Pagar BRC

Pagar BRC terbagi menjadi dua jenis berdasarkan kualitasnya, yaitu:

  • Hot Dip Galvanized

Jenis pagar satu ini adalah pagar yang melalui proses pelapisan anti karat dengan dicelupkan ke dalam cairan seng bersuhu tinggi (hot dip). Proses ini disebut proses coating.

Finishingnya akan lebih kasar karena pelapisan permukaannya tidak sama rata. Namun ketahanannya terhadap korosi atau karat jauh lebih tinggi dan tahan lama.

  • Electroplating Galvanized

Sementara itu, jenis pagar BRC EP (elektroplating) adalah pagar yang memanfaatkan proses kimia (arus listrik dan zat elektrokimia) saat pencelupan pelapisan anti karatnya. Proses pelapisan ini menghasilkan finishing yang rata, sehingga lebih halus.

Tampilannya pun lebih mengkilap dan terkesan mewah. Namun, di sisi lain, proses kimia EP menghasilkan lapisan yang tipis dibandingkan. Sehingga ketahanan karatnya lebih rendah daripada hot dip. Pagar BRC EP pun dijual dengan harga yang lebih murah.

Keunggulan Pagar BRC

Pagar BRC dibentuk untuk siap pakai, sehingga memudahkan Anda langsung memasangnya. Selain itu, terdapat keunggulan lainnya yang membuat pagar BRC banyak diminati, yaitu:

  • Kuat

Pagar jenis ini terbuat dari baja tegangan tinggi dari U50 – U55 grade. Tegangan izinnya sekitar 29.000 kg/cm2 atau 2,5 kali kekuatan besi biasa. Karena itu, pagar BRC sangat kuat dan tidak mudah melengkung saat dipasang.

  • Mudah Dipasang

Kebanyakan pagar BRC dijual dalam bentuk siap pasang, membuat Anda tidak perlu banyak modifikasi sendiri. Cara memasangnya pun mudah dan cepat tanpa membutuhkan mesin atau peralatan yang ribet.

  • Tahan Karat

Daya tahan terhadap karat pagar ini sangat baik, mampu bertahan lebih dari 10 tahun. Karena itu, pagar BRC ini cocok dipasang di daerah pantai, dekat pabrik, dan belerang yang berpotensi tinggi menyebabkan korosif.

  • Desain yang Minimalis

Pagar BRC minimalis desain yang unik dengan adanya struktur segitiga di bagian ujung atas dan bawah. Menjadikan pagar BRC tampak minimalis dan sedikit sentuhan seni.

  • Ekonomis

Harga tentu menjadi salah satu aspek yang dipertimbangkan saat memilih pagar ini. Harga jual pagar BRC per 2,4 m yaitu sekitar Rp250 ribu.

Namun, harga tersebut dapat lebih murah atau lebih mahal tergantung jenis pagar BRC dan lokasi pembeliannya.

Tips Memilih Pagar BRC yang Cocok

Bisa dibilang, pagar BRC cocok dipasang di berbagai tempat, mulai dari rumah, sekolah, rumah sakit, hingga pabrik. Nah, berikut tips memilih pagar BRC berkualitas dan sesuai dengan hunian Anda.

  • Sesuaikan model, warna, dan temanya dengan cat atau gaya rumah Anda
  • Sesuaikan ukuran pagar dengan ukuran luas rumah dan halaman. Misalnya, rumah minimalis tipe 36/72 biasa menggunakan pagar kurang dari 1,2 m.
  • Pastikan lagi material pagar BRC, yaitu baja beton, baja ringan, atau stainless steel.

Setelah berkenalan dengan pagar BRC, apakah Anda berminat memakainya untuk hunian Anda? Pastikan untuk mendapatkan pagar BRC berkualitas di toko terpercaya, seperti Besi Baja Surabaya yang jual pagar brc Surabaya. (*)