Minyak CPO Tumpah, Belasan Pemotor Di Jalinsum Terjatuh

oleh -1.615 views

Batu Bara — Belasan pengendara sepeda motor terjatuh, akibat jalan raya licin, karena tumpahan minyak beku olahan CPO kelapa sawit, di Jalinsum KM 104-105 Desa Tanah Tinggi, Kecamatan Air Putih, Batu Bara, Selasa (5/3).

Minyak beku seperti lilin yang bereceran di sekitaran Jalinsum Batubara, dari sebuah truk kontainer BK 8683 EI Smengakibatkan belasan sepedamotor tergelincir, sejumlah pengendara dan penumpangnya luka luka.

Krim putih itu jika terkena panas jalan langsung mencair seperti minyak goreng. Pengendara sepeda motor yang datang dari arah Kisaran menuju Medan tidak menduga kalau jalan itu berminyak karena warnanya coklat kehitaman. Begitu mengerem ban sepedamotor langsung tergelincir dan terjatuh.

Salah seorang warga, Gultom, mengejar Truk Kontainer tersebut mengatakan, saat itu saya lagi mau pulang, di depan saya ada pemotor berjatuhan, ternyata penyebabnya tumpahan minyak beku, lalu saya mengejar truk, dan diberhentikan, agar tidak terjadi kecelakaan susulan, ungkapnya.

Setelah diberitahu muatannya berceceran, pengemudi truk menghentikan kendaraannya di pinggir jalan Desa Tanah Tinggi. Tak lama satu unit sepeda motor jatuh tergelincir dibelakang truk, mengakibatkan pengendara dan penumpangnya luka lecet. Petugas Satlantas Polres Batubara yang ada dilokasi langsung mengatur lalu lintas.

Melihat truk pembawa muatan krim putih itu berhenti, beberapa pengendara sepeda motor yang menjadi korban berkerumun mendekati supir truk, namun tidak ada tindakan apapun dari mereka.
Kepada wartawan pengemudi truk Marli,45, warga Medan mengatakan Kontainer yang dibawanya berasal dari Tembilahan menuju Gabion Belawan, dengan muatan sekitar 20 ton. Ia mengaku tidak tahu apa muatan yang dibawanya.

“Keadaan ini sudah saya sampaikan ke perusahaan, saya tidak tahu apa muatannya, nanti akan saya sampaikan agar korban yang jatuh dipertanggung jawabkan,” katanya.

Salah seorang korban yang terjatuh mengenakan baju seragam PNS terlihat mengalami luka lecet di pipi dan lengan, ia hanya terdiam melihat Marli tidak mengatakan apapun. Ia hanya berharap agar perusahaan benar-benar bertanggung jawab atas peristiwa ini. Truk Kontainer dan supir diamankan oleh petugas Lantas Indrapura, untuk proses penyelidikan. ( AS1/Plk )