Pantastis…!!! Karya Komposer Ludwig van Beethoven Laku Terjual Rp.1,3 Milyar

oleh -357 views

New York – Lembaran musik atau partitur karya komposer dunia Ludwig van Beethoven terjual dalam lelang. Partitur yang ditulis tangan tersebut terjual dengan harga fantastis, yakni US$ 100 ribu atau setara Rp 1,3 miliar.

Seperti dilaporkan NME, Sabtu (30/9/2017), lembaran musik tersebut berisi not dari lagu King Stephen. Awalnya, dokumen langka tersebut ditemukan di sebuah rumah di Connecticut, Amerika Serikat.

Penemunya bernama Brendan Ryan. Ia pertama kali melihat partitur tersebut di sebuah rumah wanita di kota Greenwich. Partitur tersebut terkubur dalam catatan berbahasa jerman.

Setelah ditemukan, ia kemudian langsung mengonfirmasi keasliannya ke Profesor Carmelo Comberiati yang meneliti lembaran-lembaran musik milik Beethoven.

Dalam lembaran itu, terdapat tiga lubang kecil, yang menandakan bahwa lembaran itu telah dirobek dari buku catatan milik Beethoven, ketika dirinya sedang mengerjakan musik King Stephen, pada abad ke-18 silam.

Partitur tersebut dibeli oleh seorang kolektor benda antik dari Jerman. King Stephen merupakan satu dari sekian banyak musik karya Beethoven semasa hidupnya. Bagian awal dari musik klasik ini sering dimainkan oleh berbagai orkestra di dunia, termasuk London Symphony Orchestra pada 2011.

Ludwig van Beethoven adalah salah satu komposer paling terkenal dan berpengaruh sepanjang masa. Ia terkenal antara lain berkat karyanya ‘Sembilan Simfoni’, yang juga digambarkan sebagai ‘Pilar Peradaban Barat’.

Sebetulnya tidak jelas kapan tepatnya Beethoven lahir. Akan tetapi, 17 Desember 2015 menandai ulang tahun ke-245 dari proses pembaptisan dirinya.


No More Posts Available.

No more pages to load.