Panwascam DBT Kota Tanjungbalai Perpanjang Masa Perekrutan PTPS

oleh -357 views

Asahan Satu || Akibat kurang nya minat masyarakat ,khususnya masyarakat yang tinggal dilingkungan Kecamatan Datuk Bandar Timur (DBT) Kota Tanjungbalai untuk menjadi petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Panwas Kecamatan Datuk Bandar Timur Kota Tanjungbalai memperpanjang masa atau waktu perekrutan PTPS.

Perpanjangan masa perekrutan PTPS tersebut terjadi di 4 Kelurahan, yakni Kelurahan Pulau Simardan, Kelurahan Semula Jadi, Kelurahan Selat Tanjung Medan dan Kelurahan Selat Lancang, sedangkan untuk Kelurahan Bunga Tanjung sudah di tutup, Hal itu dikatakan Ketua Panwas Kecamatan Datuk Bandar Timur Kota Tanjungbalai Imam Nugraha,S.Pd, (kordiv HPPS) didampingi Fitra Ramadhan (Kordiv PHL) dan Julianto (kordiv O SDM) Jumat (16/10) saat di temui di kantor nya.

Dari 5 Kelurahan yang ada di Kecamatan Datuk Bandar Timur, ada 4 Kelurahan yang belum memenuhi kuota, sedangkan satu kelurahan sudah di tutup dan saat ini sudah dilaksanakan tahapan wawancara ujar Imam.

Lebih jauh dikatakannya sesuai dengan petunjuk tekhnis (juknis) atau pedoman pelaksanaan pembentukan PTPS yang di keluarkan oleh Bawaslu RI  jumlah yang melamar atau mendaftar untuk menjadi PTPS harus 1 x 2 atau 200 % dari jumlah TPS yang ada di masing masing Kelurahan.

Sedangkan untuk 4 Kelurahan yang di perpanjang tersebut belum memenuhi kuota, seperti Kelurahan Pulau Simardan yang jumlah TPS nya sebanyak 18 yang mendaftar hanya 18 Orang, Kelurahan Selat Lancang jumlah TPS nya 12 dan yang mendaftar hanya 12 Orang, begitu juga dengan Kelurahan Selat Tanjung Medan jumlah TPS nya 13 dan yang mendaftar hanya 20 Orang, sama hal nya dengan Kelurahan Semula Jadi yang jumlah TPS nya 12 dan yang mendaftar 20 Orang.

Sebelum nya Panwascam DBT atau pokja pembentukan PTPS membuka pendaftaran pada tanggal 3 – 15 Oktober 2020, di seluruh Kelurahan yang ada di lingkungan Kecamatan Datuk Bandar Timur Kota Tanjungbalai, namun kerna adanya relgulasi yang mengatur kuota minimal dua kali jumlah pendaftar dari jumlah TPS yang ada, maka Kami terpaksa harus memperpanjangan masa perekrutan PTPS sejak 16 sampai dengan 19 Oktober 2020.

Dia berharap dan mengajak masyarakat Kota Tanjungbalai khususnya warga Kecamatan Datuk Bandar Timur agar mendaftarkan diri untuk ikut berpartisipasi sebagai petugas PTPS dalam mengawasi pemilihan kepala daerah (Walikota dan Wakil Walikota) Tahun 2020 ujar nya. (med)