PC NU Batu Bara dan Banom Serentak Peringati Harlah NU ke-95, GP Ansor Santuni Bilal Mayit

oleh -182 views

Asahansatu || Nahdlatul Ulama (Kebangkitan Ulama) 95 tahun yang silam telah berkiprah di Bumi Pertiwi, tepatnya 16 Rajab 1344 Hijriah bertepatan dengan 31 Januari 1926 M, K.H. Hasyim Asy’ari sebagai Rois Akbar. Meski dibawah tekanan penjajahan Kolonial Belanda, beliau mampu berjuang untuk mempersatukan ulama.

Mengenang sejarah perjuangan Nahdlatul Ulama (NU), ke 95 tahun 2021, Gerakan Pemuda Ansor (GPA) Batu Bara bantu para Bilal Mayit di kediaman Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP. Ansor Batu Bara, Desa Barung – Barung, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, bekerjasama dengan PC. NU, Muslimat NU dan Polres Batu Bara. Jum’at (26/02/2021).

Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Batu Bara, Burhan, mengatakan kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian sosial Nahdlatul Ulama (NU) beserta badan otonominya.

Ditengah situasi pandemi seperti sekarang ini, tentu menyulitkan bagi sebagian besar masyarakat, sehingga dengan bantuan sembako tersebut diharapkan dapat membantu mengurangi dampak sosial pandemi covid-19 ini ditengah masyarakat.

Pada kesempatan itu, Burhan juga berpesan agar para Bilal Mayit dapat ikut serta mensosialisasikan pentingnya mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dengan menghindari kerumunan, mencuci tangan, menjaga jarak serta tetap menggunakan masker dalam beraktivitas sehari-hari, pesannya.

“Kita berharap, melalui para Bapak dan Ibu Bilal Mayit ini kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dapat lebih meningkat, dan jangan takut untuk di Vaksin,” harap Burhan.

“Menjelang satu abad Nahdlatul Ulama, kita ingin eksistensinya dirasakan oleh masyarakat baik dibidang sosial dan penguatan faham Ahlu Sunnah serta faham Wathoniah”, tambahnya.

Bantuan sembako kepada Bilal Mayit tersebut yang dirangkum dalam gelaran bakti sosial yang digelar serentak diseluruh kecamatan Batu Bara dengan melibatkan seluruh komponen badan otonomi (Banom) seperti IPNU dan Fatayat NU.

Lanjut Burhan, rangkaian kegiatan Baksos peringatan Harlah NU akan ditutup pada 4 Maret dengan kegiatan istighosah tolak bala untuk kebaikan bangsa yang akan digelar dikantor PC NU Batu Bara dijalan Lintas Medan Kisaran, tepatnya Desa Sumber padi yang tentunya tetap memperhatikan dan mematuhi prokes.

Dihari yang sama Muslimat NU Kecamatan Air Putih bersama Kapolsek Indrapura, AKP Sandi, melakukan Bakti Sosial memberikan puluhan paket sembako di Kelurahan Sipare – Pare, Sei Suka.(Plk)