Pemko Tanjungbalai Gelar Gema Muharram 1445H

oleh

Asahansatu || Pemerintah Kota Tanjungbalai menggelar kegiatan gema malam 10 muharram di rumah dinas Walikota Tanjungbalai, Jln. Jend. Sudirman, Kel. Perwira, Kec. Teluk Tanjungbalai Selatan, Kota Tanjungbalai. Sabtu. (29/7/2023).

Kegiatan Gema Muharram 1445 H dilaksanakan pada Jumat malam sabtu, yang turut dihadiri masyarakat, dan OPD di pemerintahan Tanjungbalai dan diisi tausiah oleh Ustadz. Drs. H. Nurul Ichsan Sitorus., S.H. M.A serta Majelis Sholawat Dhiyaul Lami Tanjungbalai.

Walikota Tanjungbalai H. Waris Tholib., S.Ag. M.M dalam sambutannya mengajak masyarakat agar dapat memaknai apa yang nantinya akan disampaikan oleh Ustadz. Nurul Ichsan agar menjadi pedoman hidup di kemudian hari.

“Mari kita ambil hikmah tausiah yang nanti akan disampaikan ustadz ichsan agar dapat bersama-sama kita jadikan pedoman untuk diri kita sendiri dan orang-orang sekitar kita. Yang mana 10 muharram ini banyak sekali kisah-kisah besar yang nantinya bisa kita jadikan untuk pedoman hidup kita di kemudian hari,” ucap Waris.

Dalam tausiahnya, Ustadz. Nurul Ichsan mengatakan bahwa dinamakan dengan bulan muharram, karena Allah SWT mengharamkan peperangan dan konflik di bulan mulia ini. Selain itu, bulan ini juga termasuk salah satu dari bulan-bulan yang mulia yaitu Muharram, Dzulhijjah, Dzulqa’dah dan Rajab.

“Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat At-taubah ayat 36 yang artinya “sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah SWT. Adalah dua belas bulan dalam ketetapan Allah di waktu (lauhul mahfudz). Dia menciptakan langit dan bumi diantaranya empat bulan haram,” tutur Ustadz Nurul Ichsan.

Imam Fakhruddin ar-razi dalam tafsir al-fakhir Razi juz 16 halaman 53 menjelaskan, bahwa dalam setiap perbuatan maksiat di bulan haram akan mendapat siksa yang lebih dahsyat, dan begitu pula sebaliknya, perilaku ibadah kepada ALLAH SWT. Akan dilipat gandakan pahalanya.

Bulan Muharram adalah momen terbaik untuk meningkatkan kebaikan dan ketakwaan kepada ALLAH SWT. Di Bulan Muharram ini terdapat hari yang istimewa yaitu hari ‘asyura, di hari tersebut umat islam disunnahkan untuk berpuasa.

Mengapa disebut dengan hari ‘Asyura (Sepuluh). Karena di hari ‘Asyura ALLAH SWT. Memberikan kemuliaan dan kehormatan kepada sepuluh Nabi-Nya.(HNS)

No More Posts Available.

No more pages to load.