Pemkot Tanjungbalai dan Pemkab Asahan Sepakati Normalisasi Sungai Asahan dan Sungai Silau

oleh -446 views

Tanjungbalai — Pertemuan antara Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial SH,MH bersama Bupati Asahan H. Surya BSc di Pendopo rumah dinas Wali Kota Tanjungbalai, Selasa (24/12/2019) siang ini, menghasilkan kesepakatan akan mengajukan persoalan normalisasi alur sungai Asahan dan sungai silau dalam ke Pemerintah Pusat untuk mengatasi pendangkalan sungai yang menyebabkan jalur lintas perairan terhambat dan banjir di wilayah Kota Tanjungbalai dan Kabupaten Asahan.

Hal tersebut menjadi komitmen bersama dua Pemerintah Daerah, Pemkot Tanjungbalai dan Pemkab Asahan untuk membawa masalah ini ke seminar yang akan dilakukan oleh Pemerintah Pusat dalam waktu dekat.

Sebelumnya dalam pertemuan yang membahas naskah kajian akademis normalisasi alur sungai asahan dan sungai silau yang disampaikan Prof. Dr. Ir. Dharma Bakti dari USU Medan menyampaikan terkait normalisasi alur Sungai Asahan dan Sungai Silau nantinya Tim kajian USU akan membawa masalah ini dalam seminar nasional yang akan dilakukan bersama Pemerintah Pusat.

Sementara itu, Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial mengatakan normalisasi alur sungai Asahan sangat berarti dalam mendukung perekonomian masyarakat Tanjungbalai. Hanya saja sekarang ini, terjadi pendangkalan alur sungai Asahan yang diakibatkan sedimentasi pasir yang cukup tinggi sehingga mengakibatkan jalur lintas kapal tidak lagi seperti dulu yang dapat dilalui kapal dengan GT besar.

Kami sangat bersukur dan mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini yang sudah lama kita perjuangkan bersama dengan Pemkab Asahan tentunya kami berharap perjuangan kita ini dapat terlaksana di Pusat nanti. Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang ikut serta dalam mendukung program ini. Walaupun masih dalam rangka pembahasan dan Penyampaian Paparan Kajian, Saya berharap ini akan terlaksana sehingga dapat mengangkat perekonomian masyarakat Tanjungbalai dan Asahan nantinya. Mudah mudahan normalisasi alur sungai Asahan dapat segera terlaksana, ujar Wali Kota

Bupati Asahan, H. Surya mengungkapkan kajian yang disampaikan Prof. Dr. Ir. Dharma Bakti terkait wilayah Bagan Asahan mengenai Peti Kemas Barang dan Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai sebagai Pelabuhan penumpang angkutan orang,
Kami selama ini selalu terbentur dengan Peraturan dan undang undang dan banyaknya regulasi yang membuat permasalah ini semraut. Kami berharap nantinya Tim Kajian USU bersama Prof Dharma Bakti dapat menyampaikan hal ini saat Seminar nanti di Pusat. Saya berharap Kegiatan ini tidak terbentur dengan Regulasi regulasi yang tidak perlu, Sebut Bupati Asahan

Usai acara pembahasan dan paparan kajian terkait normalisasi alur sungai asahan dan sungai silau, Wali Kota Tanjungbalai dan Bupati Asahan menandatangani Kesepakatan Bersama (MoU) terkait rencana Normalisasi Alur Sungai Asahan yang akan disampaikan ke Pemerintah Pusat.