Perhutaan Silau Masuk Nominasi 6 Besar Lomba Desa Tingkat Kabupaten

oleh -457 views

Kisaran – Desa Perhutaan Silau, Kecamatan Pulo Bandring masuk nominasi 6 besar lomba desa terbaik tingkat Kabupaten Asahan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa Perhutaan Silau, Sugianto kepada asahansatu, Selasa (8/5) usai ekpos penilaian lanjutan evaluasi perkembangan desa dan lomba desa terbaik tingkat kabupaten Asahan tahun 2018 di pendopo rumdis bupati setempat.

Kepala Desa , Ketua TP PKK dan Ketua LPM desa Perhutaan Silau menyampaikan ekspos dihadapan tim penilai dalam hal ini Ketua TP PKK Asahan Hj Winda Fitrika Taufan Gama, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan PMD.

Dia menyebutkan, kriteria yang dinilai dalam lomba desa yaitu inovasi pelaksanaan pembangunan dan profil desa. Meliputi delapan indikator terdiri dari pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan serta pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat.

Desa Perhutaan Silau sangat optimis memenangi lomba tersebut. Kades Sugianto optimistis Desa Perhutaan Silau mampu menjadi yang terbaik di Kabupaten Asahan. Pasalnya di desa tersebut memiliki sejumlah keunggulan dibanding desa lainnya.

Seperti adanya Kampung Wifi dan aplikasi Sistem Informasi Terpadu Desa (SituDes). Dengan hadirnya Kampung Wifi, seluruh masyarakat di Desa Perhutaan Silau akan semakin melek pada internet. Warga kini sudah bisa memanfaatkan teknologi sebagai sarana jual beli.

“Kita juga terbantu dengan program karya putra terbaik desa kami yang mampu membuat aplikasi Situdes. Dengan diterapkannya Situdes, diharapkan mampu membantu meringankan tugas perangkat desa sekaligus mampu memberikan pelayanan prima kepada warga masyarakat,”pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai, Hj Winda Fitrika Taufan Gama mengatakan, jangan jadikan beban dalam mengikuti perlombaan penilaian desa terbaik. Akan tetapi jadikan perlombaan penilaian desa terbaik ini sebuah amanah dan pengabdian kita kepada masyarakat.

Adapun 6 Desa yang masuk nominasi penilaian lomba desa terbaik tingkat kabupaten Asahan tahun 2018 yakni Desa Perhutaan Silau Kecamatan Pulo Bandring, Desa Subur Kecamatan Air Joman, Desa Sengon Sari Kecamatan Aek Kuasan, Desa Bangun Sari Kecamatan Setia Janji, Desa Sei Silau Timur Kecamatan Buntu Pane dan Desa Tanjung Asri Kecamatan Sei Dadap. (A99)

No More Posts Available.

No more pages to load.