Pj Gubsu dan Bupati Zahir Ikuti Panen Raya Cabai

oleh

Asahansatu || Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Hassanudin akan terus mendukung pembangunan pabrik pasta cabai di Batu Bara sebagai salah satu lumbung cabai di Sumatera Utara.

Hal ini disampaikan Pj. Gubsu saat melakukan panen raya cabai bersama Bupati Batu Bara Zahir dan pejabat Pemprov Sumut serta pejabat Pemkab Batu Bara di Desa Lubuk Cuik, Lima Puluh Pesisir, Batu Bara, Rabu (25/10/2023).

Kegiatan ini merupakan kunjungan pertama Hassanudin sebagai Pj. Gubsu ke Batu Bara yang disambut dengan atraksi pencak silat, pemberian kain songket dan tengkuluk dari Bupati Zahir sebagai tanda kehormatan.

Bupati Zahir juga menyerahkan proposal bantuan untuk membangun insfrastruktur pada lahan pertanian cabai di Desa Lubuk Cuik.

Diketahui Desa Lubuk Cuik dan sekitarnya merupakan sentra penghasil cabai terbesar kedua di Sumatera Utara dengan luas lahan sekitarnya 630,52 hektare dan hasil produksi 12-15 ton/hektare.

Selain melakukan panen raya, Pj. Gubsu juga menyerahkan bantuan dari Pemprov Sumut kepada tiga ketua kelompok tani budidaya cabai, yakni Ketua Kelompok Tani Sepakat Irwansyah berupa pupuk organik 16.000 kg, benih cabai 40 sachet dan 80 mulsa gulung. Ketua Kelompok Tani Makmur Salidi, berupa pupuk organik 12.000 kg, 30 sachet bibit cabai dan 60 mulsa gulung dan Ketua Kelompok Tani Mekar Indah Wardi, berupa pupuk organik 12.000 kg, benih cabai 30 sachet dan 60 mulsa gulung. Total pupuk 40.000kg, 100 sachet benih cabai dan 200 gulung mulsa, serta serta alat semprot elektrik untuk masing-masing kelompok tani.(AWH)