Polda Sumut Berhasil Evakuasi Material Longsor Tutupi Jalan Lintas Tarutung-Sibolga

oleh

Asahansatu | Polda Sumut bersama Polres Taput, TNI, BPBD, dan masyarakat, telah membersihkan material longsor yang menutup Jalan Lintas Tarutung-Sibolga, KM 31, tepatnya di Kecamatan Adiankoting, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

“Akses Jalan Lintas Tarutung-Sibolga, KM 31, yang sebelumnya tertutup material longsor sudah bisa kembali dilalui kendaraan,” ujar Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi melalui Kabid Humas Kombes Pol Hadi Wahyudi, Senin (5/2/2024).

Ia mengungkapkan, dalam musibah longsor yang terjadi pada Sabtu (3/2) kemarin menyebabkan satu unit mobil Daihatsu Sigra terhempas ke sungai sedalam 20 meter yang mengakibatkan 3 orang meninggal dunia.

“Untuk para korban meninggal dunia telah diserahkan kepada pihak keluarga dan dibawa ke Kabupaten Nias,” ungkapnya untuk mobil yang terhempas ke sungai telah berhasil dievakuasi.

“Ada tiga lokasi longsor yang terjadi di Kabupaten Taput yakni Pagaran Pisang, Sibalanga dan Dusun Parsikaman, Desa Pagaran Lambung 1, Kecamatan Simangumban,” terang mantan Wadirlantas Polda Kalteng tersebut.

Hadi menjelaskan, akibat musibah longsor yang terjadi akses Jalan Sibolga-Tarutung sama sekali. Tetapi setelah personel gabungan Polisi, TNI, BPBD dibantu masyarakat turun ke lokasi membersihkan material longsor akses jalan telah dapat dilalui kembali.

“Walaupun akses jalan sudah bisa dilalui tetap diimbau kepada pengendara untuk selalu berhati-hati karena kondisi aspal yang masih licin. Personel masih di lapangan mengatur arus lalu lintas di sekitaran TKP longsor,” pungkasnya.