Proyek Jalan Rabat Beton Dinas Pertanian Asahan Desa Sukadamai Disorot

oleh -205 views

Asahansatu || Proyek pengerjaan rabat beton jalan di Dusun VIII, Desa Sukadamai, Kecamatan Pulau Bandring, Asahan disorot warga dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Pasalnya program milik Dinas Pertanian (Distan) Pemkab Asahan tersebut tidak terlihat adanya plang proyek dilokasi pekerjaan.

Menanggapi laporan warga Desa Sukadamai, Dusun VIII, Kecamatan Pulau Bandring, terkait pekerjaan rabat beton jalan yang diduga dikerjakan asal jadi, Ketua LSM Topan RI Kabupaten Asahan, Aan melakukan peninjauan ke lokasi yang dimaksud oleh warga, Kamis (29/4/2021) pukul 14.30 WIB.

Saat di lokasi, Aan menemukan bahwa pekerjaan tersebut tidak ada memasang plang proyek. Dari keterangan seorang pekerja, Adi bahwa pekerjaan rabat beton jalan tersebut milik Dinas Pertanian Kabupaten Asahan.

Adi juga menerangkan bahwa jalan dikerjakan sepanjang 280 Meter dengan lebar 2 Meter. Namun Adi tidak mengetahui anggaran biaya, maupun pemborongnya. “Pengawas pun jarang datang, Bang. Nama panggilannya Anto Goreng,” ungkap Adi.

Ketua LSM Topan RI menduga bahwa pekerjaan rabat beton jalan itu terkesan asal jadi, karena selain tidak ada plang proyek dan tidak ada pengawas, campuran semen dengan batu diduga tak sesuai ketentuan.“Biasanya, sebelum dituang adukan semen, diletakkan plastik untuk menghindari semen banyak diserap tanah. Namun di sini kami tidak ada melihat hal seperti itu. Hanya bagian pinggirnya saja yang diletakkan plastik, dan pada pekerjaan ini, kami melihat, pasir ditumpuk dibagian tengah jalan, yang kami duga untuk mengurangi penggunaan campuran semen,”tutur Aan.

Menurutnya, hal tersebut akan mengurangi mutu jalan tersebut, dan kemungkinan jalan rabat beton tersebut akan mudah rusak atau tidak tahan lama.

Ketua LSM Topan berharap, Dinas Pertanian Kabupaten Asahan melakukan pengawasan secara benar terhadap pekerjaan rabat beton tersebut.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Asahan, Ir Jhony H Sihotang yang dikonfirmasi wartawan terkait pekerjaan rabat beton jalan tersebut mengatakan, akan melakukan pengecekan ke lokasi.“Baik Lae, besok saya cek. Dan info ke Lae. Tq,” ujar Ir Jhony singkat melalui aplikasi WhatsApp kepada kru media.(TSN)