Ribuan Warga Asahan Unras Di Mapolres Asahan Protes Tudingan Romo Syafii

oleh -2.010 views

Asahan – Elemen masyarakat Kabupaten Asahan yang terdiri dari Alim Ulama Ormas, OKP, Tokoh Masyarakat, Mahasiswa, Tukang Becak dan lainnya mendatangi Mapolres Asahan, Jumat (8/3/2019) sekira pukul 14.50 WIB.

Adapun maksud kedatangan ribuan massa tak lain untuk memberikan dukungan moril kepada Irjen Pol Agus Andrianto atas desakan seorang anggota DPR RI Romo Safii beberapa waktu lalu yang meminta dirinya dicopot dari jabatan sebagai Kapolda Sumatera Utara.

“Kami mendukung kinerja Bapak Kapoldasu Irjen Agus Andrianto dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang aman, damai dan kondusif. Terkait tudingan Romo Syafii, kami minta Polri mengusut dugaan keterlibatannya dalam aksi 27 Februari lalu di Tebing Tinggi. Karna bisa saja beliau salah satu aktor di balik kegaduhan itu,” ucap Wakil Ketua KNPI Asahan, Adit Satria Tanjung pada wartawan di sela sela aksi.

Amatan Wartawan, perwakilan sejumlah elemen masyarakat secara bergantian melakukan orasi sebagai bentuk dukungan terhadap Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto.

“Kami orang jawa sakit hati. Saudara kami difitnah. Kami ada di samping Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto. Kami mendukung setiap kinerja Kapolda karna selama ini kami melihat beliau berpihak dan bisa sebagai pemersatu masyarakat Sumatera Utara khusunya warga Kabupaten Asahan dari berbagai elemen, suku dan agama,” ucap Ketua DPD Asahan, Wage saat berorasi.

“Saat ini masyarakat Sumatera Utara coba diobok obok Romo Syafii atas pernyataannya kemaren. Romo Syafii tidak menyadari kalau baru kali ini ada Kapolda serasa gubernur. Siapa dia…??? Dia lah Irjen Pol Agus Andrianto,” teriak Ketua DPP LSM GOWA Sumut, Satriawan Guntur Zass SH disambut pekikan setuju dari massa yang lain.

“Kita masyarakat Sumatera Utara khususnya warga Kabupaten Asahan jangan mau dijadikan korban segelintir oknum untuk sebuah kepentingan. Kita harus bersatu. Usir Romo Safii dari Sumatera Utara. Karna dia membuat kegaduhan,” ucap perwakilan dari Banser Asahan dalam orasinya.

Aksi juga diisi hubungan video langsung dengan Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto melalui telepon seluler Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu.

“Terimakasih atas dukungan yang diberikan masyarakat, khususnya masyarakat Asahan kepada saya. Saya minta mari kita bersama-sama menjaga kekondisifan di tengah-tengah masyarakat. Khususnya menjelang Pileg dan Pilpres yan akan datang,” ujar Agus Andrianto dari seberang telepon.

Selain Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu, sejumlah pejabat utama Polres Asahan terlihat menerima kedatangan ribuan massa.

Tepat sesaat Azan Ashar akan berkumandang, aksi tersebut berhenti dan massa membubarkan diri dengan tertib meninggalkan Mapolres Asahan.

Sekedar mengingatkan. Beberapa hari usai pihak Kepolisian mengamankan 8 orang perusuh saat Acara Hari Lahir NU di Kota Tebing Tinggi, 27 Februari lalu, Romo Syafii selaku anggota DPR RI Komisi III merekomendasi pencopotan Agus Andrianto dari posisinya sebagai Kapolda Sumut.(**)