Ribuan Warga Batu Bara Meriahkan Millenial Road Safety Festival 2019

oleh -1.045 views

Batubara — Polres Batubara menggelar Millenial Road Safety Festival (MRSF) Kapolres Batubara AKBP Robinson Simatupang, SH. M. Hum sebagai upaya mengajak kaum millenial untuk melaksanakan tertib lalu lintas.

“Kita mengajak seluruh kaum millenial untuk melaksanakan tertib lalu lintas. Salah satunya dengan menggunakan helm dan sabuk pengaman. Dengan mematuhi aturan lalu lintas, kita dapat menjaga keselamatan bersama,” kata AKBP Robinson Simatupang dihadapan ribuan peserta Millenial Road Safety Festival di Lapangan Bola Kaki, Kelurahan Lima Puluh Kota, Kecamatan Lima Puluh, Jumat (1/3/2019).

Menurutnya, kegiatan millenial road safety festival dapat memberi pemahaman kepada masyarakat khususnya kaum millenial untuk tertib berlalu lintas. Dengan adanya pemahaman berlalu lintas, diharapkan angka kecelakaan dapat diturunkan bahkan tidak ada kecelakaan (zero accident).

Sementara, Bupati Batubara Ir. Zahir, MAP menuturkan, sesuai dengan tema acara Millenial Road Safety Faestival adalah mewujudkan Generasi Milenial Cinta Lalu Lintas Menuju Indonesia Gemilang. Perlu diketahui, sesuai pernyataan WHO (PBB) tercatat bahwa kecelakaan lalu lintas mendominasi urutan ke lima (5) di dunia sebagai penyebab kematian. Data tahun 2018 terdapat 30.000 ribu jiwa meninggal dunia dan 60 % adalah generasi millenial.

Dikatakannya, Generasi millenial adalah generasi penerus bangsa yang harus menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Dikatakan Bupati ada empat tahap yang dapat digunakan untuk menjadi generasi millenial lebih dekat dalam memahami dan mentaati aturan berlalu lintas.

Pertama, generasi millenial perlu mengatuhi aturan berlalu lintas sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Kedua, mengetahui melalui edukasi dan pelatihan keselamatan. ketiga, menginplementasikan atau mempraktekkan apa yang sudah diketahui dan apa yang yang sudah dilatih.
Keempat, mengembangkan dan mewujudkan kepekaan serta kepedulian dengan menjadi inspirasi, motivasi bagi diri sendiri, orang lain serta membudayakan tertib berlalu lintas dalam menuju Road Safety Zero Accident (tidak ada kecelakaan).

“Karena semakin meningkatnya angka kecelakaan di Indonesia khususnya pada generasi millenial sehingga dalam kesempatan ini saya menghimbau kepada generasi millenial untuk dapat mewujudkan relawan lalu lintas di Batubara dan dapat menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.
Pantauan wartawan, Millenial Road Safety Festival diawali dengan kegiatan jalan santai dan senam bersama yang diikuti oleh ribuan peserta. Kegiatan semakin meriah dengan penampilan artis Ibu Kota Isma KDI serta Omega Trio. (AS1/Plk)