Suheri Terpilih Jadi Ketua BUMDes Mandiri Jaya

oleh -345 views

Asahan – Suheri secara de­mokrasi terpilih jadi ketua pe­ngelola Badan Usaha Milik Desa (BUM Des) Mandiri Jaya Desa Perhutaan Silau, Kecamatan Pulo Bandring. Pemilihan diadakan, Senin (28/11) di aula kantor balai desa setempat. Peserta rapat terdiri dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) kaur serta perangkat desa, tokoh agama, tokoh pemuda, dan pe­ngurus PKK Desa Perhutaan Silau.

Secara aklamasi disetujui peserta rapat Hendra Syahputra terpilih jadi sekretaris dan Rahma Suhendri sebagai bendahara. Khusus posisi ketua, peserta rapat menyepakati mengangkat Suheri jadi Ketua menggantikan Muhammad Fadly yang diberhentikan karena mengundurkan diri.

Kepala Desa Perhutaan Silau, Sugianto usai penetapan perubahan pengurus Bumdes Mandiri Jaya mengatakan se­ce­patnya mempersiapkan Pera­turan desa (Perdes) dan Surat Keputusan (SK) sebagai payung hukum mengelola BUM Des. Melalui pengelolaan BUM Des diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa seiring mem­baiknya pe­re­­konomian.

Ketua Bumdes Mandiri Jaya yang dikonfirmasi BPB usai rapat mengatakan, selaku ketua bumdes terpilih, dirinya akan berusaha sekuat tenaga untuk meningkatkan tarap hidup masyarakat Desa Perhutaan Silau ini.

Lanjut dia, pasca terpilih sebagai Ketua bumdes akan segera menyusun program usaha, salah satunya pengembangan ekonomi makro berupa simpan pinjam, yang porsinya sekitar 40 persen dari dana Bumdes. Dan 60 persen untuk usaha lainnya, sesuai dengan kebutuhan masyarakat atau potensi yang ada di Desa Perhutaan Silau.

“Untuk simpan pinjam porsinya sekitar 40 persen, dari dana bumdes. Dan 60 persen disesuaikan dengan tingkatan kebutuhan masyarakat melalu potensi desa,”kata Suheri.

Masih kata Suheri, untuk program simpan pinjam tersebut ada aturan main tersendiri yang akan ia terapkan. Misalnya, batas minimal dan maksimal pinjaman. “Tujuannya tidak lain untuk meminimalisir terjadinya kemacetan,”tegas dia.

Kemudian unit usaha lain yang akan dijalankan diantaranya, pasar desa, konveksi pakaian, pembayaran listrik dan pembayaran online lainnya, wifi/internet desa.

Ia pun berjanji, siap dikritik dan diluruskan bilamana terdapat kesalahan dalam pengelolaan bumdes tersebut. “Menurut saya, kritik itu penting untuk kemajuan bersama,”pesannya. (Mata)


No More Posts Available.

No more pages to load.