Sumut Kembali Terima 32.880 Dosis Vaksin Covid-19 untuk 30 Kabupaten/Kota

oleh -452 views

Asahan Satu || Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menerima 32.880 dosis vaksin Covid-19, Kamis (28/1) di Posko Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan. Vaksin tersebut kemudian akan didistribusikan untuk 30 kabupaten/kota di Sumut.

Ini merupakan pengiriman vaksin Covid-19 tahap empat ke Sumut dari PT Biofarma yang nantinya akan digunakan untuk tenaga kesehatan (Nakes) di 30 kabupaten/kota, selain Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deliserdang (Mebidang) yang sudah lebih dahulu menerima vaksin.

Asisten Administrasi Umum Mhd Fitriyus berharap dengan kedatangan vaksin ini seluruh Nakes bisa divaksin. “Ini yang keempat dengan jumlah 32.880 dosis dan akan didistribusikan ke 30 kabupaten/kota karena sebelumnya Mebidang sudah diberikan. Vaksin akan kita distribusikan sesuai jadwal dan sekarang kita simpan di clodstorage (lemari pendingin) Dinas Kesehatan Sumut,” kata Fitriyus usai menerima vaksin.

Total Sumut kini sudah menerima 147.720 dosis vaksin Covid-19 yang digunakan untuk 72.451 Nakes, pemimpin daerah, pejabat, tokoh masyarakat dan tokoh agama (kelompok pertama). Dengan datangnya vaksin tahap keempat ini penyuntikan kedua pada kelompok pertama siap untuk dilakukan.

“Vaksinnya terbatas dan kita sudah menerima sekitar 147.000 dosis. Kita tentu berharap vaksin akan dikirim lagi ke Sumut untuk kelompok masyarakat seperti TNI, Polisi, ASN yang banyak kontak dengan masyarakat dan lainnya,” tambah Fitriyus, didampingi Wakil Ketua Satgas Bidang Pengendalian Pendisiplinan Prokes Sumut Azhar Muliadi.

Vaksin Covid-19 dikirim ke Posko Satgas Penanganan Covid-19 dengan pengawalan yang ketat pihak kepolisian. Sekretaris Dinas Kesehatan Pemprov Sumut Aris Yudhariansyah berharap distribusi vaksin ke Sumut tetap lancar agar proses vaksinasi berjalan dengan baik.

“Kita tentu berharap distribusi vaksi ke Sumut lancar, jadi vaksinasi di sini juga berjalan dengan baik. Saat ini masih Nakes karena memang mereka yang paling membutuhkan, agar dalam penanganan pasien Covid-19 lebih baik dan tidak ada lagi Nakes yang terpapar virus ini,” kata Aris.

Untuk 30 kabupaten/kota ada (selain Mebidang) total Nakes yang menjadi sasaran vaksin berjumlah 46.358 orang. Sedangkan untuk Mebidang sebelumnya vaksinasi tahap pertama berjumlah 26.093 Nakes. “Setelah vaksinasi tahap pertama, kini akan kita lanjutkan ke tahap berikutnya, Nakes 30 kabupaten/kota,” jelas Aris.(**)