Tampung Aspirasi Masyarakat, Pemkab Asahan Gelar Musrenbang Di 25 Kecamatan

oleh -961 views

Kisaran – Pemkab Asahan menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan untuk menampung aspirasi dari setiap desa dan kelurahan.

“Hingga saat ini Musrenbang tingkat kecamatan secara serentak dilakukan selama dua hari dan berakhir hari ini. Sebanyak 25 kecamatan sudah selesai,” kata Kepala Bappeda Asahan, Zainal Aripin Sinaga, Rabu (13/2).

Ia menyampaikan kegiatan Musrenbang di 25 kecamatan dilaksanakan selama dua hari, dimulai tanggal 12 sampai 13 Februari 2019, terdiri dari Kecamatan Kota Kisaran Barat dan Timur.

Kecamatan Sei Dadap (12/2) yang dihadiri oleh Sekda Taufik Zainal Abidin. Di hari yang sama Wakil Bupati Asahan H Surya Bsc menghadiri di Kecamatan Tanjung Balai dan Kecamatan Sei Kepayang Barat.

“Dan hari ini kecamatan Aek Kuasan, Rahuning, Pulo Bandring dan kecamatan lainnya di Asahan secara bersamaan telah menggelar musrenbang,”kata Zainal.

Ia menyebutkan pada Musrenbang kecamatan tersebut Camat dan Kepala Desa memaparkan rencana program dan anggaran Desa yang sudah dibahas dalam Musrenbang tingkat Desa.

“Setelah Musrenbang kecamatan maka akan dilanjutkan dengam forum Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dengan mendengarkan pemaparan dari camat dan disinkronkan dengan rencana kerja SOPD terkait,” katanya.

Ia menjelaskan Musrenbang merupakan sebagai langkah untuk menampung aspirasi masyarakat dari tingkat bawah sehingga semuanya terangkum dalam agenda pembangunan. “Musrenbang disusun secara bertahap mulai dari desa, kecamatan sampai kabupaten,” katanya.

Ia menyatakan tidak semua usulan masyarakat dapat ditampung dan dijadikan agenda pembangunan. Namun, usulan itu akan dibahas secara bersama-sama sehingga menjadi skala prioritas untuk dijadikan agenda pembangunan.

“Kita juga akan menyesuaikan dengan visi misi kepala daerah yang disusun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).(**)