Teh Hitam Bisa Lindungi Jantung

oleh
oleh

Asahan – Banyak studi telah dilakukan para ilmuan untuk melihat bagaimana peranan teh hitam sebagai pencegah penyakit jantung. Memang, para ilmuan itu tahu bahwa teh hitam bisa melindungi dari penyakit jantung?”. Masalah itulah yang kini banyak diselidiki.

Salah satu penelitian dilakukan di Australia. Mereka menemukan bahwa teh hitam memiliki khasiat dalam menekan resiko penyakit jantung dengan cara mencegah timbulnya penggumpalan darah atau pembekuan pembuluh darah.

Berdasarkan hasil penelitian terhadap 22 orang sehat, responden yang meminum lima gelas teh hitam sehari selama satu bulan, ternyata mengalami penurunan kadar P-selectin atau protein darah yang berhubungan dengan penggumpalan darah. Namun demikian, tidak semua zat dalam darah yang berhubungan dengan penggumpalan mengalami penurunan dengan minum teh.

Menurut para ahli yang mempublikasikan risetnya dalam Journal of Clinical Nutrition, darah yang kental memang lebih mudah memicu terjadinya pembekuan pembuluh darah, dimana darah tersebut akan menghambat aliran di seluruh tubuh dan memicu terjadinya serangan jantung.

Salah seorang peneliti, Dr Jonathan M Hodgson menyatakan, meskipun temuan ini menunjukan rendahnya P-selectin mungkin disebabkan oleh mekanisme teh hitam dalam menekan resiko penyakit jantung, akan tetapi terlalu dini untuk merekomendasikan hal yang spesifik dari hasil riset ini.

Selain itu, sejumlah penelitian lainnyapun tekag menghubungkan konsumsi teh dengan kesehatan jantung, melalui zat yang dikenal dengan nama polyphenols, atau antioksidan kuat yang dapat menetralisasi penyakit yang disebabkan radikal bebas.

Dalam penelitian ini, para ahli memantau 22 responden sehat dan tidak merokok. Responden harus meminum lima gelas air selama empat pekan kemudian dilanjutkan dengan konsumsi teh hitam dengan jumlah sama selama empat minggu. Para peneliti mengukur kadar sejumlah zat lain dalam darah yang dapat memicu penggumpalan, dan memeriksa urine untuk mengukur asupan polyphenol.

“Dampak teh hitam terhadap larutan P-selectin menandakan adanya potensial akan manfaat teh hitam bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah,”ungkap Hodgson dan para rekannya menyimpulkan. (A2)

No More Posts Available.

No more pages to load.