Terkait LKPD, Bupati Zahir Ucapkan Terima Kasih Masukan dan Saran DPRD Batu Bara

oleh -32 views

Asahansatu || Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD Batu Bara yang tetap memantau dan memberikan masukan tentang kinerja Pemerintah Kabupaten Batu Bara. Tentunya kami akan berusaha bekerja lebih baik untuk masyarakat Kabupaten Batu Bara.

Demikian sambutan Bupati Batu Bata, saat penyampaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) di Ruang Paripurna DPRD Batu Bara, Jalan Perintis Kemerdekaan, Lima Puluh. Senin (05/07/2021).

Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Batu Bara dengan agenda penandatanganan berita acara persetujuan bersama Kepala Daerah Dan DPRD Kabupaten Batu Bara Tentang Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) Pertanggung Jawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Batu Bara Tahun Anggaran 2020.

Dari hasil seluruh laporan Fraksi, mendapatkan kesimpulan Keseluruhan fraksi partai menerima Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah

Bupati Batu Bara menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Batu Bara telah berupaya menyusun laporan keuangan berdasarkan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku, sehingga tujuan laporan keuangan pemerintah daerah yang berguna untuk pengambilan keputusan, serta menunjukkan akuntabilitas manajerial yang transparan.

Selain Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Batu Bara Tahun Anggaran 2020, yang disampaikan kepada DPRD Kabupaten Batu Bara adalah Laporan keuangan yang telah diperiksa (di audit) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Dan Diberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Pemberian Opini tersebut berdasarkan atas hal-hal berikut:

1. Tidak terjadi kekurangan dana kas di bendahara pengeluaran SKPD.
2. Penerbitan SP2D Tidak melewati tahun anggaran (OUT STANDING)
3.Penyajian angka laporan keuangan dapat dipertanggungjawabkan.
4.Penataan persediaan sudah memadai.
5.Keinginan untuk memperbaiki laporan keuangan semakin tinggi.

Penyajian LKPD untuk tahun berikutnya kiranya dapat disajikan secara wajar, sekaligus memperkokoh terwujudnya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik, maka langkah yang menjadi prioritas utama dan mendesak yang harus ditempuh Pemerintah Kabupaten Batu Bara Adalah :
1. Membangun sistem pengendalian intern yang baik di setiap OPD, Meningkatkan Jumlah Dan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki latar belakang pendidikan dan pelatihan di bidang keuangan bagi petugas yang terkait dengan pengelolaan keuangan daerah.
2. Menempatkan tenaga profesional meningkatkan peran dan fungsi pada inspektorat.

Pemerintahan Batu Bara sangat mengharapkan sinergitas antara pihak eksekutif dan legislatif juga yudikatif berjalan dengan baik, untuk membangun Batu Bara bisa. (Plk).

No More Posts Available.

No more pages to load.