Tiga Hari Terombang Ambing di Laut Lepas Nelayan Asal Tanjungbalai Selamat

oleh
oleh
Umar Dani alias Umeng nelayan yang selamat setelah terombang ambing di laut lepas karena terjatuh dari kapal motornya

Tanjungbalai – Umar Dani alias Umeng (19) nelayan pancing cumi – cumi ditemukan dalam keadaan selamat setelah terombang ambing tiga hari di laut lepas setelah terjatuh dari kapal motor yang ditumpangi pada hari Jumat (3/11) lalu.

Keluarga besar Umeng yang tinggal di Jalan Anwar Idris Kelurahan Bungan Tanjung Kecamatan datuk Bandar Kota Tanjungbalai saat disambangi langsung mengucapkan,”Alhamdulillah,” itu ucapan yang keluar dari mulut Amran (45), Selasa (7/11) ayah kandung dari pemuda putus sekolah yang akhirnya diselamatkan oleh kapal nelayan itu setelah dinyatakan hilang oleh rekan – rekannya beberapa hari yang lalu itu saat disambangi Asahansatu.com.

Menurut Anwar, putranya sudah hampir sepekan berada di laut bekerja sebagai nelayan pancing cumi – cumi, tepatnya pada hari Jumat pagi (3/11) oleh rekan – rekanya dinyatakan hilang karena terjebur ke dalam laut dan informasi itu langsung dilaporkan ke pihak TNI AL, Sat Pol Air dan Basarnas Pos Tanjungbalai,”rekan – rekanya sudah berusaha mencari hingga delapan jam berputar – putar di jalur tempat mereka tambat dan mencari cumi – cumi, namun Umeng anak ke enam dari tujuh bersaudara tidak ditemukan,” jelasnya.

“Dio,” ujar Anwar dengan logat Tanjungbalai menyebut Umeng, kembali melanjutkan cerita sebagaimana yang dikisahkan oleh rekan – rekan anakanya itu. “Umeng setelah satu malam suntuk bersama rekan – rekanya bekerja memancing cumi – cumi, tampak tertidur diatas fiber tempat ikan, walau sebelumnya sudah diingatkan agar jangan memilih tempat di situ karena bisa terjatuh,”.

Amat rekannya begitu terjaga tidak menemukan Umeng dan sontak berteriak,”Umeng jatuh,” suasana jadi gaduh dan tekong kapal motor itu pun langsung bergegas memutar arah mencari keberadaan Umeng, namun upaya itu kandas setelah hampir delapan jam berputar – putar, hingga akhirnya mereka kembali ke pangkalan, tepatnya di gudang penampungan ikan di dermaga Teluk Nibung Kota Tanjungbalai.

Lanjutnya, upaya pencarian yang dilakukan oleh pihak TNI AL dan Basarnas Pos Tanjungbalai pada hari Sabtu (4/11) tidak membuahkan hasil, namun pada Minggu sore (5/11) sekitar pukul 16.00 WIB dirinya mendapat kabar jika Umeng ditemukan oleh nelayan di laut lepas perbatasan Indonesia – Malaysia,”Alhamdulillah,” anak saya dalam keadaan selamat kabarnya.

Umeng setelah diselamatkan oleh kapal nelayan yang mencari ikan di wilayah perbatasan akhirnya dipindahkan ke kapal pukat tarik yang ketepatan mau kembali ke pangkalan, “ Alhamdulilah, Umeng sudah selamat dan saat ini dalam kondisi pemulihan,” ungkap Anwar sembari mengucapkan terima kasih kepada pihak – pihaknya yang berhasil menemukan putra ke enamnya itu.(Lintang)